Berada di tengah Kota PALI, Satu Lagi Terkenal Hingga Nasional. Dua Tempat ini Cocok Jadi Wisata Edukasi

Berada di tengah Kota PALI, Satu Lagi Terkenal Hingga Nasional. Dua Tempat ini Cocok Jadi Wisata Edukasi

peresmian rumah adat dan gedung dekranasda Kabupaten PALI.(foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL---Berada di tengah kota Talang Ubi, ibu Kota Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Rumah adat dan Gedung Dekranasda Kabupaten PALI cocok menjadi tempat wisata edukasi bagi kalangan pelajar di Kabupaten PALI dan masyarakat Serepat Serasan.

 Rumah adat dan Gedung Dekranasda tersebut berada di pinggir jalan, tak jauh dari lapangan golf Pendopo, Talang Ubi.

Rumah adat dan gedung dekranasda tersebut sudah diresmikan oleh Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM dan Ketua Dekranasda PALI Sri Kustina, sebulan yang lalu, 2 Mei 2023.

Pembangunan rumah adat tersebut menggabungkan adat dan budaya yang ada dibeberapa kecamatan di PALI. 

BACA JUGA:Berbiji Kecil dan Berdaging Tebal, Penghobi Pasti Suka Buah Durian yang Satu Ini

Rumah adat dan Gedung dekranasda tersebut sejak diresmikan sudah mulai dibuka dan bisa dikunjung masyarakat umum. rumah adat tersebut cocok untuk wisata edukasi bagi para pelajar maupun anak-anak.

“Harapannya keberadaan rumah adat ini, bisa menarik wisatawan baik dari PALI maupun daerah lain. Untuk mengenal tentang adat dan budaya PALI,” harap Heri Amalindo saat peresmian.

Diketahui Kabupaten PALI adalah kabupaten baru berumur sekitar 10 tahun, hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Enim. 

Selain memiliki tempat wisata edukasi rumah adat yang baru diresmikan tersebut. Kabupaten PALI juga memiliki wisata sejarah dan budaya lainnya, yang cocok dijadikan untuk wisata edukasi. Yaitu wisata candi Bumi Ayu, yang terkenal di Sumsel yakni wisata candi Bumi Ayu, di Kecamatan Tanah Abang.

BACA JUGA:Terkenal dengan Durian Tembaga dan Legit, Ini 4 Kecamatan Penghasil Durian di Muara Enim

Candi Bumi Ayu terkenal di Sumsel sejak dahulu hingga nasional. Sehingga  wisata candi Bumi Ayu ini juga banyak didatangi masyarakat di Sumsel, utamanya pada saat akhir pekan.

Wisata Candi Bumi Ayu merukan wisata sejarah, di mana dahulu di tempat itu menjadi peradaban agama hindu pada abad ke-6.Luas candi bumi Ayu sekitar 75 hektar, di dalamnya terdapat 9 candi, empat diantaranya baru dipugar.(@al)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: