Terkenal dengan Durian Tembaga dan Legit, Ini 4 Kecamatan Penghasil Durian di Muara Enim

Terkenal dengan Durian Tembaga dan Legit, Ini 4 Kecamatan Penghasil Durian di Muara Enim

Salah satu pedagang buah durian.(foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID,MUARA ENIM---Kabupaten MUARA ENIM, Provinsi Sumsel selain terkenal sebagai kota batubara, juga terkenal sebagai penghasil buah durian tembaga (durian berwarna kuning keemasan dan rasanya legit).

Saat musim tiba, buah durian dari Muara Enim sangat terkenal hingga ke pulau Jawa. Seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang hingga Yogyakarta.

Lantas, daerah mana yang menjadi penghasil buah durian di Kabupaten Muara Enim? Saat musim durian tiba, ada empat kecamatan di Kabupaten Muara Enim yang buah duriannya, masak atau matang secara bergantian.

Pertama buah durian dari Kecamatan Ujanmas, di mana buah duriannya berasal dari Desa Ujanmas Lama, Desa Pinang Belarik, Desa Muara Gula Lama, Muara Gula Baru dan Desa Tanjung Raman.

BACA JUGA:Punya Dataran Tinggi, Dua Daerah Ini Dominasi Penghasil Sayuran di Sumsel

Kemudian Kecamatan Muara Enim buah duriannya datang dari Desa Tanjung Serian dan Desa Kepur.

Ketiga kecamatan penghasil buah di durian di Kabupaten Muara Enim yakni Kecamatan Tanjung Agung, rata-rata desa yang ada di Kecamatan Tanjung Agung yang berjumlah 14 desa, masyarakatnya memiliki kebun durian.

Adapun 14 desa di Kecamatan Tanjung Agung banyak menghasilkan buah durian tersebut yakni Desa Embawang, Lesung Batu, Matas, Muara Emil, Paduraksa, Pagar Dewa, Panang Enim, Penyandingan, Pulau Panggung, Seleman, Tanjung Agung, Tanjung Bulan, Tanjung Karangan dan Desa Tanjung Lalang.

Keempat Kecamatan Panang Enim, sama seperti Kecamatan Tanjung Agung, 12 yang ada di Kecamatan Panang Enim juga banyak menghasilkan buah durian.

BACA JUGA:Tidak Banyak Orang Paham, Ternyata Begini Tips Memilih Durian yang Matang dan Manis, Yuk Dicoba

Yakni Desa Bedegung, Indramayu, Lambur, Lebak  Budi, Lubuk Nipis,Muara Meo, Padang Bindu,Pagar Jati dan Desa Pandang Dulang, Sugiwarah, Sukarajara, serta Desa Tanjung Baru.

Tanaman buah durian juga terdapat di kawasan Kecamatan Semende Darat Laut, namun tidak terlalu banyak.

Saat musim buah durian tiba, banyak masyarakat yang menjual buah durian dipinggiran jalan. Mulai dari kawasan kawasan air terjun bedegung hingga ke jalan lintas Desa Ujanmas.

Secara keseluruhan berdasarkan data BPS Sumsel pada 2022 lalu, Kabupaten Muara Enim berhasil menghasilkan 43.613 kuintal buah durian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: