Baru Berumur 10 Tahun, Kabupaten ini Memiliki Nama Paling Panjang di Sumsel

Baru Berumur 10 Tahun, Kabupaten ini Memiliki Nama Paling Panjang di Sumsel

Gerbang masuk Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL----Baru berumur 10 tahun, kabupaten ini memiliki nama daerah paling panjang di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kabupaten tersebut yakni Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dengan 23 huruf. Kabupaten PALI dibentuk pada 11 Januari 2013. berdasarkan Undang-undang UU NO. 7, LN 2013/NO. 22, TLN. NO. 5400, LL SETNEG : 28 HLM.

Sejak terbentuk, Kabupaten PALI baru dua kali menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di mana bupatinya dijabat oleh Dr Ir Heri Amalindo MM.

Kabupaten PALI beribukota di Talang Ubi sebagai pusat pemerintahan.

BACA JUGA: 6 Kabupaten di Sumsel Alami Pemekaran, Bahkan Ada 3 Kabupaten Sudah 2 Kali Mekar

Kabupaten PALI hanya memiliki lima kecamatan yakni Kecamatan Talang Ubi, Kecamatan Tanah Abang, Kecamatan Abab, Kecamatan Penukal dan Kecamatan Penukal Utara.

Serta memiliki 72 desa dan kelurahan yang tersebar di lima kecamatan tersebut.

Pembentukan Kabupaten Penukal Abang Lematang Ilir pemekaran dari Muara Enim dibentuk dengan tujuan untuk mempermudah akses pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat dan kemampuan memanfaatkan potensi daerah dalam otonomi daerah.

Pada saat terbentuk, Kabupaten PALI memiliki luas wilayah 1.840 Km2 dengan jumlah penduduk 168.641 jiwa pada tahun 2012.

BACA JUGA:Dulu Bagian dari Provinsi Sumsel, Kini Jadi Provinsi Sendiri, Ada yang Tahu?

Adapun mayoritas penduduk Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir adalah petani karet, petani sawit dan sebagian pegawai pemerintahan dan karyawan di perusahaan dan bekerja disektor lainnya.

Berikut lima kecamatan yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan jumlah desa yang dimiliki masing-masing kecamatan.

Kecamatan Abab memiliki 8 desa yakni Desa Karang Agung, Betung, Betung Selatan, Betung Barat, Tanjung Kurung, Prambatan, Pengabuan dan Desa Pengabuan Timur.

Kecamatan Penukal memiliki 13 desa Desa Sungai Langan,  Suka Raja,  Spantan Jaya,  Raja Jaya, Purun Timur, Purun,  Mangku Negara Timur,  Mangku Negara,  Gunung Raja, Gunung Menang,  Babat, Air Itam Timur dan Air Itam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: