6 Kabupaten di Sumsel Alami Pemekaran, Bahkan Ada 3 Kabupaten Sudah 2 Kali Mekar

 6 Kabupaten di Sumsel Alami Pemekaran,  Bahkan Ada 3 Kabupaten Sudah 2 Kali Mekar

peta wilayah Provinsi Sumatera Selatan--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL--- Pasca otonomi daerah, banyak wilayah yang mengalami pemekaran termasuk di Provinsi Sumatera Selatan. 

Dulu Provinsi Sumsel hanya memiliki berapa Kabupaten /kota  yakni  Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU), Lahat, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Kabupaten Bangka, Kota Pangkal Pinang  dan Kabupaten Belitung. 

Namun pada tahun 2000 Kabupaten Bangka, Kota Pangkal Pinang dan Kabupaten Belitung berpisah membentuk provinsi sendiri menjadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sejak tahun 2000 dan berlakunya otonomi daerah, kabupaten di Sumsel juga mengalami pemekaran. 

BACA JUGA:Dulu Bagian dari Provinsi Sumsel, Kini Jadi Provinsi Sendiri, Ada yang Tahu?

Bahkan ada tiga kabupaten yang sudah dua kali pemekaran.

Ada Enam kabupaten di Sumsel yang sudah mengalami pemekaran yakni OKI, Muara Enim, OKU, Lahat, Musi Rawas dan Musi Banyuasin.

Kabupaten OKI dengan ibu kota Kayuagung mekar dengan satu kabupaten baru yaitu Kabupaten Ogan Ilir dengan ibukota Indralaya.

Kemudian Kabupaten Muara Enim dengan ibukota Muara Enim sudah dua kali pemekaran yakni membentuk Kota Prabumulih dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dengan ibukota Talang Ubi.

BACA JUGA:Cincau Hijau Ternyata Kaya Manfaat Loh! Simak Ulasannya

Kabupaten OKU dengan ibukota Baturaja mekar menambah dua kabupaten baru yakni OKU Timur dengan ibu kota Martapura dan Kabupaten OKU Selatan dengan ibukota Muara Dua.

Selanjutnya Kabupaten Lahat yang sudah dua kali mekar yakni terbentuknya Kota Pagaralam dan Kabupaten Empat Lawang dengan ibukota Tebing Tinggi.

Kabupaten Musi Rawas juga sudah dua kali pemekaran yakni Kota Lubuk Linggau dan Kabupaten Muratara.

Kabupaten lain yang mengalami pemekaran yakni Kabupaten Musi Banyuasin dengan ibukota Sekayu mekar dengan kabupaten baru yakni Kabupaten Banyuasin dengan ibukota Pangkalan Balai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: