Dulu Bagian dari Provinsi Sumsel, Kini Jadi Provinsi Sendiri, Ada yang Tahu?

Dulu  Bagian dari  Provinsi Sumsel, Kini Jadi Provinsi Sendiri, Ada yang Tahu?

jembatan emas salah satu wisata yang ada di provinsi kepulauan bangka belitung--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL---Provinsi Sumatera Selatan, salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatera. Selain memilki wilayah daratan, dulu SUMSEL juga memiliki daerah kepulauan yakni Kabupaten Bangka, Kota Pangkal Pinang dan Kabupaten Belitung.

Kini dua kabupaten dan satu kota  itu sudah berpisah dari Sumsel menjadi provinsi sendiri yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

 Provinsi Babel memilki luas wilayah 16.424,32 km persegi. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beribukota di Kota Pangkal Pinang.  

Sementara Kabupaten Bangka memekarkan diri menjadi beberapa kabupaten yakni Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

BACA JUGA:Kesempatan Berkarier, PT Pertamina Patra Niaga Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, SMK, D3, D4, dan S1

Sementara itu. Kabupaten Belitung dengan ibu kota Tanjung Pandan mekar atau bertambah satu Kabupaten Baru yakni Belitung Timur dengan ibu kota Manggar.

Diketahui Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbentuk berdasarkan Undang-undang nomof 27 tahun 2000. Kini Provinsi Bangka Belitung sudah berumur 23 tahun sejak berpisah dari Provinsi Sumsel.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat terkenal akan pariwisata, utamanya wisata pantai yang indah baik di Bangka maupun Belitung.

Adapun pantai yang Indah di pulau Bangka seperti pantai parai senggigi, pantai pasir padi, pantai tongaci, pantai matras, pantai tikus emas dan beberapa pantai lainnya.

BACA JUGA:Seiring Akan Operasional PLTU Mulut Tambang Sumsel 8, Menteri ESDM Minta Sediakan Listrik untuk Masyarakat

Sementara itu pulau Belitung yang terkenal dengan sebutan negeri Laskar Pelangi, pantai-pantainya juga cantik dan memesóna seperti pantai Tanjung Tinngi,pantai Tanjung Kelayang, pantai Lengkuas, pantai Pulau Burung, pantai Tanjung Pendam dan pantai-pantai lain yang tak kalah indahnya.

Provinsi Kepulauan Babel selain terkenal dengan pantai yang cantik. Utamanya pulau Bangka terkenal dengan kekayaan alam penghasil timah di Indonesia.

Meski Kepulauan Bangka Belitung sudah menjadi provinsi sendiri. 

Provinsi Sumsel juga tetap memiliki daerah yang seiring beberapa kabupaten/kota juga mengalami pemekaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: