Dulu Kabupaten Besar, Wilayahnya Mengelilingi Palembang, Bisa Tebak Kabupaten Apa?

Dulu Kabupaten Besar, Wilayahnya Mengelilingi Palembang, Bisa Tebak Kabupaten Apa?

tugu adipura kota Sekayu Kabupaten Muba--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL--- Dulu wilayah ini merupakan salah satu kabupaten besar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Wilayahnya mengelilingi Kota Palembang, kamu bisa tebak kabupaten apa?

Ya, kabupaten tersebut merupakan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Kabupaten Muara Enim dulunya adalah termasuk kabupaten besar di Sumsel.

Batas wilayahnya mengelilingi Kota Palembang. Sebelum Kota Palembang masuk pesat seperti sekarang ini dan wilayahnya sudah mulai meluas.

Dulu Kabupaten Muba, wilayahnya sampai berbatasan dengan Km5 (Palimo) Palembang) dan wilayah Kecamatan Mariana, Kecamatan Rambutan yang dulu masuk Kabupaten Muba juga berbatasan dengan kawasan Plaju Kota Palembang.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah di Sumsel: Prabumulih, Pagaralam, Lubuklinggau Tertua, PALI Paling Bungsu

Kemudian, sekitar tahun 1980 an, kawasan Km5 (palimo) sampai km 12 berubah status masuk wilayah Kota Palembang dan tidak lagi bagian dari Kabupaten Muba. Hingga saat ini kawasan Kota Palembang sampai ke KM 12 pembangunan maju pesat.

Muba sebagai kabupaten besar yang pada saat itu memiliki kecamatan besar-besar, yang kecamatannya berjumlah lebih dari 20 kecamatan.

Pada tahun 2003, Kabupaten Muba mengalami pemekaran pecah menjadi satu kabupaten lagi yakni Kabupaten Banyuasin.

Sehingga wilayah Km 12 dan wilayah Kecamatan Rambutan, Kecamatan Mariana masuk ke dalam kabupaten baru yakni Kabupaten Banyuasin dan tidak lagi menjadi bagian dari Kabupaten Muba.

BACA JUGA:BPJAMSOSTEK Raih Lima Penghargaan WSSF

Pasca, Kabupaten Banyuasin berdiri. Kabupaten Muba yang dulu besar, kini menjadi kabupaten kecil. Kabupaten Muba saat ini hanya memiliki 14 kecamatan, itupun beberapa kecamatannya adalah kecamatan baru hasil pemekaran kecamatan lama.

Seperti kecamatan Bayung Lencir mekar menambah dua kecamatan baru yakni kecamatan Lalan dan Kecamatan Tungkal Jaya.

Kecamatan Sungai Lilin menambah satu kecamatan yakni Kecamatan Babat Supat. Kecamatan baru lainnya yakni kecamatan Jirak Jaya, Kecamatan Lawang Wetan dan Plakat Tinggi.

Adapun 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Muba tersebut yakni Babat Supat, Babat Toman, Batang Hari Leko, Bayung Lencir, Sungai Lilin, Jirak Jaya, Keluang, Lais, Lalan, Lawang Wetan, Plakat Tinggi, Sanga Desa, Sungai Keruh, Sekayu, Tungkal Jaya.

BACA JUGA:Apakah Mobil Daihatsu Sigra Cocok untuk Mahasiswa? Berikut 4 Rekomendasinya

Kabupaten Muba beribukota di Sekayu sebagai pusat pemerintahan dan saat dipimpin Pj Bupati Apriyadi dan pada November 2024 mendatang, Kabupaten Muba juga akan menggelar pilkada untuk memilih bupati dan wakil bupati yang baru.(@al)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: