Bukan Cuma Aji, Ada Juga Sulikin Alumni Bidiksiba Kini Jadi Pegawai PTBA

Bukan Cuma Aji,  Ada Juga Sulikin Alumni Bidiksiba Kini Jadi  Pegawai PTBA

Sulikin, Alumni program Bidiksiba kini jadi karyawan PTBA--

ENIMEKSPRES.CO.ID, TANJUNG ENIM---Bukan hanya Aji Malik alumni program Bidiksiba yang kini jadi calon hakim di Pengadilan Agama Sibuhuan, Sumatera Utara (Sumut). Tapi juga ada alumni Bidiksiba lain yakni Sulikin yang kini sudah jadi karyawan PTBA.

Bagaimana ceritanya? Sulikin merupakan seorang anak petani dari Desa Tanjung Karangan, Tanjung Agung. Awalnya ia juga tidak menyangka bisa kuliah hingga bisa bekerja jadi karyawan di PTBA.

Semua itu berkat program bidiksiba PTBA yang bisa mengantarkannya kuliah gratis hingga selesai.

Sulikin lulus SMA pada 2016, ia mencoba ikut daftar program Bidiksiba dari informasi temannya. Hingga ia diterima menjadi program Bidiksiba.

BACA JUGA:Program Bidiksiba Sudah Jalan 13 Tahun, 109 Alumni Sudah Kerja Diberbagai Sektor Usaha

"Awalnya saya berpikir tidak akan bisa kuliah, mengingat kondisi ekonomi orang tua saya. Ayah saya seorang petani dan ibu hanya seorang ibu rumah tangga. Tapi semuanya berubah seperti mimpi, saya bisa kuliah gratis melalui program Bidiksiba PTBA," ujar Sulikin sebagaimana dikutip dari laman ptba.co.id.

Melalui Bidiksiba, Sulikin bisa kuliah gratis dapat uang kuliah, laptop, buku dan lainnya. ia masuk di Politeknik Sriwijaya. setelah kuliah ia dinyatakan lulus. 

Nasib baik kembali menghampirinya, setelah lulus PTBA membuka rekrutmen karyawan terbuka pada 2021. setelah mengikuti serangkaian tes, Sulikin akhirnya diterima jadi karyawan PTBA dan bekerja sebagai mekanik.

Diketahui, PT Bukit Asam konsisten dan berkomitmen peduli dengan kemajuan dunia pendidikan disekitar perusahaan. Melalui program Beasiswa pendidikan Seputar PT Bukit Asam (Bidiksiba), yang sudah dijalankan sejak 2010 atau sudah 13 belas tahun.

BACA JUGA:Siap-siap Pak Gubernur Sumsel Herman Deru, Besok Warga Angkat 4 Isu

Sudah ada 333 pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu mendapatkan program Bidiksiba dan sudah 109 alumni sudah bekerja diberbagai sektor usaha.

Pada tahun 2022/2023, PTBA ada 49 anak atau pelajar berprestasi alumni SMA sederajat yang dikuliahkan gratis oleh PTBA. Pelajar tersebut merupakan anak kurang mampu dari warga sekitar perusahaan, baik di Tanjung Enim, Lahat, Ombilin, Tarahan dan Kertapati. Mereka diberi beasiswa kuliah gratis hingga selesai.

Dikutip Enim Ekspres dari laman resmi ptba.co.id, Direktur Utama PTBA Arsal Ismail melalui Direktur Operasi PTBA menerangkan Bidiksiba merupakan beasiswa gratis bagi pelajar SMA sederajat dari keluarga prasejahtera sekitar perusahaan.”Mereka tes cari nilai terbaik, lulus PTBA kuliahkan gratis hingga selesai,” ujar Suhedi.

BACA JUGA:Aji Malik, Pemuda Sukses Berkat Beasiswa PT Bukit Asam Ternyata Alumni SMK Bina Mulya, Begini Komentar Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: