Pancasila Budaya Bangsa

Pancasila Budaya Bangsa

H Albar Sentosa Subari & Marshal. FOTO : DOK/ENIMEKPRES.CO.ID--

Oleh :

H. Albar Sentosa Subari ( Ketua Pembina Adat Sumsel ). 

Marsal ( Pemerhati Sosial dan Hukum Adat Indonesia )

Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan negara Indonesia, bukan terbentuk secara mendadak serta bukan hanya diciptakan oleh seseorang sebagaimana yang terjadi pada ideologi ideologi lain di dunia, namun terbentuknya Pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Segera Dibuka! 10 Profesi Prioritas Membutuhkan Banyak Tenaga, Simak Rinciannya

BACA JUGA:Bukit Asam Gelar Pelatihan Budidaya Perikanan untuk Masyarakat Sekitar Tambang

Secara kausalitas Pancasila sebelum disahkan menjadi dasar filsafat negara nilai nilai nya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia sendiri yang berupa nilai nilai adat istiadat, kebudayaan dan nilai nilai religius. 

Kemudian para pendiri negara Indonesia mengangkat nilai nilai tersebut dirumuskan secara musyawarah mufakat berdasarkan moral yang luhur, antara lain dalam sidang sidang BPUPKI pertama, sidang Panitia sembilan yang kemudian menghasilkan Piagam Jakarta yang memuat Pancasila yang pertama kali, kemudian dibahas lagi dalam sidang BPUPKI kedua. 

Setelah kemerdekaan Indonesia sebelum sidang resmi PPKI.

Pancasila sebagai calon dasar filsafat negara dibahas serta disempurnakan kembali dan akhirnya pada tanggal 18 Agustus 1945 di sahkan oleh PPKI sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia.

BACA JUGA:Wow, Bukit Asam Prioritaskan Budaya K3 Untuk Mencegah Insiden

BACA JUGA:Dua Minggu Kesulitan dapat Air Bersih dari PDAM? Ini yang Dilakukan Warga PALI

Oleh karena itu agar pengetahuan kita lengkap proses terjadinya Pancasila. Maka secara ilmiah harus ditinjau secara kausalitas.

Secara kausalitas asal mula Pancasila dibedakan atas dua macam yaitu asal mula yang langsung dan asal mula tidak langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: