Pancasila Budaya Bangsa

Pancasila Budaya Bangsa

H Albar Sentosa Subari & Marshal. FOTO : DOK/ENIMEKPRES.CO.ID--

BACA JUGA:Optimis Tol Melewati Lubuklinggau, Begini Kata Walikota

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Carikan Solusi Terkait Pertambangan Tanpa Izin Batu Bara, Hasilnya?

Dalam kebudayaan serta dalam religius bangsa Indonesia. Adalah sebagai berikut.

1. Unsur unsur Pancasila tersebut sebelum secara langsung dirumuskan menjadi Dasar filsafat negara, nilai nilainya yaitu nilai Ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan telah ada dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia sebelum membentuk negara.

2. Nilai nilai tersebut terkandung dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk negara, yang berupa nilai nilai adat istiadat, kebudayaan dan religius. Nilai nilai tersebut menjadi pedoman dalam memecahkan problema kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia.

3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa asal mula tidak langsung Pancasila pada hakikatnya bangsa Indonesia sendiri atau dengan lain perkataan bangsa Indonesia sebagai kausa materialis atau sebagai asal usul mula tidak langsung nilai nilai Pancasila.

BACA JUGA:Harga Anjlok, Petani Karet di Sumsel Menjerit, Ini Harapannya kepada Pemerintah

BACA JUGA:Misteri Truk Pengangkut BBM Ilegal Terguling Mulai Temui Titik Terang, Kemana Sang Sopir?

Simpulan bahwa tinjauan Pancasila dari segi kausalitas, sehingga memberikan dasar dasar ilmiah bahwa Pancasila itu pada hakikatnya adalah sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, yang jauh sebelum bangsa Indonesia membentuk negara, nilai nilai tersebut telah tercermin dan teramalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu tinjauan kausalitas tersebut memberikan bukti secara ilmiah bahwa Pancasila bukan merupakan hasil perenungan atau pemikiran seseorang atau sekelompok orang bahkan juga Pancasila bukan merupakan hasil sintesa paham paham besar dunia, melainkan nilai nilai Pancasila secara tidak langsung telah terkandung dalam pandangan hidup bangsa Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: