Berikut Cara Menggiatkan Minat Siswa Untuk Membaca, Simak Penjelasannya
FOTO : ANNA DAMAYANTI/ENIMEKSPRES.CO.ID--
Oleh : Anna Damayanti (Guru SMA N 1 Lawang Kidul, Muara Enim)
Kita sering mendengar pepatah bahwa membaca smart book atau buku adalah jendela dunia. Sebelum Anda menyadarinya, slogan adalah ajakan untuk membaca.
Apakah membaca sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi siswa kita?
Jika kita melihat sejarah pendiri bangsa kita, mereka adalah orang-orang yang gemar membaca.
Bung Karno dan Bung Hatta dekat dengan buku, yang membuat mereka berpikiran terbuka.
BACA JUGA:Curi Pipa Besi, Dua Warga Kecamatan Talang Ubi PALI Sumsel Diringkus
Bahkan Bung Hatta menulis buku berjudul “ Alam Pikiran Yunani” sebagai hadiah untuk istrinya.
Membaca merupakan salah satu media pembelajaran yang paling efektif dalam pendidikan.
Dengan banyak membaca, siswa akan memperoleh banyak pengetahuan di berbagai bidang seperti; ilmu sosial, ekonomi, sains atau pengetahuan lainnya.
Namun, kenyataannya, mengembangkan minat siswa untuk membaca bukanlah tugas yang mudah dilakukan.
BACA JUGA:Tanpa Macet dan Lebih Nyaman, Warga Prabumulih ke Palembang Tembus Satu Jam
BACA JUGA:Taufik Rahman: Soal Pro dan Kontra Pilwabup Muara Enim, Semua Pihak Harus Saling Menghormati
Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain harga buku, lingkungan, keluarga, dan hal yang sangat penting yakni motivasi dalam diri siswa.
Untuk menumbuhkan minat baca siswa, guru dapat melakukan beberapa hal sederhana, yaitu; pertama, Mengajak siswa membaca koran bersama, dan mendiskusikan topik tertentu dalam pembelajaran di kelas; kedua, Mengajak siswa secara langsung ke perpustakaan dalam kegiatan pembelajaran guru yang sedang mengajar.
Ketiga, Sertakan setiap tugas maupun pekerjaan rumah siswa tersebut untuk membaca buku.
Ketika siswa bertanya-tanya apa saja yang berhubungan dengan kehidupan yang ada di dalam laut. Siswa tidak perlu menyelam.
BACA JUGA:Benarkah Umur Pensiun Guru PNS akan Diperpanjang? Simak Penjelasannya Disini
Siswa hanya perlu membaca buku maupun referensi tentang kehidupan di dalam laut dan diharapkan nantinya melalui membaca tersebut, siswa akan mengetahui apa saja yang ada di dalam laut.
Begitu juga ketika siswa ingin mengetahui berbagai hal. Siswa dapat mengakses informasi melalui membaca tanpa harus mengambil risiko. Melalui membaca, siswa dapat melihat dunia luar.
Melalui membaca, siswa dapat menjelajahi suatu tempat yang mungkin belum diketahui oleh siswa tersebut. Dengan membaca, siswa dapat berkeliling dunia, tanpa harus pergi ke sana. Mari kita giatkan agar siswa kita mau membaca. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: