Puncak Arus Mudik Natura 2023, Tercatat Lebih dari 880 Ribu Kendaraan Melintas di Jalan Tol Trans Sumatera

Puncak Arus Mudik Natura 2023, Tercatat Lebih dari 880 Ribu Kendaraan Melintas di Jalan Tol Trans Sumatera

Hutama Karya mencatat sebanyak lebih dari 880 ribu kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada puncak Natura 2023. Foto : DOK/HUTAMA KARYA--

“Pada Jumat 23 Desember 2022 Ruas Bengkulu-Taba Penanjung mulai dioperasikan tanpa tarif sejak pukul 08.00 WIB, dan telah dilintasi hampir 2 ribu kendaraan,” urainya.

“Sementara untuk Ruas Pekanbaru-Bangkinang yang baru saja bertarif Minggu 25 Desember 2022 dilintasi lebih dari 54 ribu kendaraan,” tambahnya.

BACA JUGA:Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dibuka Hari Ini, Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumatera Selatan Kapan?

BACA JUGA:Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumatera Selatan Dinilai Sia-sia, Kenapa?

Lebih lanjut, Dwi menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama mudik Natura 2023, Hutama Karya telah menyiapkan beberapa langkah strategis.

Antara lain menambahkan fasilitas gardu tol di Gerbang Tol (GT) yang memiliki potensi kepadatan tinggi, seperti di GT Bakauheni Selatan dan GT Kotabaru yang semula 5 jalur menjadi 7 jalur.

Dan di GT Kotabaru yang semula 4 jalur menjadi 6 jalur. Lalu alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, SPBU modular di beberapa titik yakni di Rest Area KM 20 B Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Juga di Rest Area KM 189 Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung, dan Rest Area Temporary KM 130 Ruas Pekanbaru-Dumai, serta memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi.

BACA JUGA:Kelanjutan Pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumatera Selatan Masih Menunggu Proposal di Kementerian

BACA JUGA:Tol Bengkulu-Taba Penanjung Resmi Dibuka Jumat 23 Desember 2022, Tarifnya?

“Selain itu, kami juga membagikan flyer yang didalamnya terdapat informasi terkait titik-titik kepadatan dan tata cara berkendara yang benar di jalan tol, serta souvenir kepada pengguna jalan sebagai apresiasi kepatuhan mengikuti tata tertib yang berlaku di jalan tol,” tutup Dwi Aryono Bayuaji.

Untuk kondisi lalu lintas saat ini, Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo uang elektronik, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya, di mana terdapat fitur Cek Saldo uang elektronik dan juga dapat melakukan topup saldo uang elektronik.

BACA JUGA:Soal Kelanjutan Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumatera Selatan, Bakal Libatkan Presiden Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: