Timbun BBM Subsidi Jenis Solar, Pelaku: Butuh Uang Pak

Timbun BBM Subsidi Jenis Solar, Pelaku: Butuh Uang Pak

Pelaku penimbunan BBM subsidi jenis solar di Kabupaten Banyuasin terpaksa menimbun BBM subsidi karena butuh uang. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID --

BACA JUGA: Gerebek Lokasi Pengoplosan BBM Subsidi di Muara Enim, Ini BB yang Diamankan Satgas Ops Illegal Drilling Polda

Hal tersebut sebagaimana Pasal 40 angka 9 Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dengan ancaman 6 tahun penjara, dan denda paling banyak Rp60 miliar.

Sementara itu, pelaku Anton saat diinterogasi, mengungkapkan dirinya terpaksa menimbun BBM subsidi jenis solar untuk dijual kembali karena membutuhkan uang untuk keperluan sehari-hari.

"Butuh uang Pak," ucap tersangka Anton kepada polisi.

Penimbunan BBM Subsidi juga Terjadi di Muara Enim

Kasus penimbunan BBM subsidi jenis solar sebelumnya juga terjadi di wilayah hukum Polres Muara Enim.

BACA JUGA: Lokasi Pengoplosan BBM Subsidi di Muara Enim Digerebek Satgas Ops Illegal Drilling Polda Sumsel

Ferianto (32) warga Kabupaten Muara Enim ditangkap karena menimbun bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar.


Timbun BBM subsidi jenis solar, pria di Muara Enim ditangkap polisi. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

Warga Dusun IV, Desa Dalam, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Sumsel yang kesehariannya berprofesi sebagai petani ini harus berurusan dengan hukum atas tindakannya melakukan penyalahgunaan BBM.

Tindakannya yang menyalahgunakan pengangkutan atau berniaga BBM yang disubsidi Pemerintah, dipidana sebagaimana dalam Pasal 55 UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

Yang telah diubah dengan Pasal 40 angka 9 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

BACA JUGA: Timbun BBM, Warga Muara Enim Ditangkap Polisi

Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi melalui Kapolsek Gunung Megang, AKP Nasharudin, mengatakan penangkapan itu berdasarkan laporan masyarakat.

Laporan yang diterima pihaknya, ada 1 unit mobil merek Isuzu Panther warna biru muda metalik dengan Nomor Polisi BG 1927 WC melakukan pengisian BBM jenis solar subsidi di setiap SPBU yang ada di Muara Enim dan melakukan penimbunan BBM di rumahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: