Pj Bupati Muara Enim Sampaikan Jawaban Pandum Fraksi DPRD Terhadap Raperda Perubahan APBD

Kamis 19-09-2024,11:09 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - DPRD Kabupaten Muara Enim menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Bupati Muara Enim atas Pandangan Umum (Pandum) Fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2024.

Jawaban Bupati disampaikan langsung oleh Pj Bupati Muara Enim H.Henky Putrawan di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Muara Enim, Rabu 18 September 2024.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muara Enim, Liono Basuki.

Sebelumnya juga dilaksanakan penjelasan Bupati Muara Enim terhadap perubahan APBD TA 2024 dan penyampaian Pandum anggota dewan atas nama fraksi-fraksi.

BACA JUGA:Pemkab-DPRD Muara Enim Tetapkan Dokumen Rancangan Perubahan KUA dan PPAS 2024

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Matangkan Persiapan Pelantikan Anggota DPRD Periode 2024-2029

Pada agenda Penyampaian Jawaban atas Pandum fraksi-fraksi, Henky menanggapi saran, pertanyaan serta harapan DPRD.

Di antaranya memastikan penyusunan APBD TA 2024 disusun terukur, realistis dan berdasarkan potensi yang mempunyai dasar hukum yang jelas dengan mempertimbangkan realisasi penerimaan 3 tahun terakhir.

Henky juga menyampaikan apresiasi kepada DPRD terhadap peningkatan  pendapatan daerah sebesar 19,49 persen dari Rp3,0 triliun menjadi Rp3,69 triliun setelah perubahan APBD TA 2024.

Serta memastikan komitmen untuk melakukan terobosan dalam pengelolaan potensi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan tetap melaksanakan intensifikasi dan ekstensifikasi sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

BACA JUGA:Sekda Sampaikan Jawaban Gubernur Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Raperda Tentang APBD Sumsel

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Apresiasi DPRD Setujui 7 Raperda

Kemudian Henky menjelaskan dalam pelaksanaan belanja daerah akan tetap mempertimbangkan skala prioritas dan selalu mengedepankan asas manfaat, efisiensi, efektifitas, transparansi, dan akuntabel.

Selanjutnya, terkait peningkatan OPD, Henky juga meminta peran serta dukungan dari Legislatif sehingga program dan kegiatan yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan maksimal.

"Akan terus berupaya mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Muara Enim agar sesuai jadwal dan tahapan yang ditetapkan," kata Henky.

Kategori :