Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Sabtu 27-07-2024,10:11 WIB
Reporter : Hidayah Dwi Nur. A
Editor : Andre

Teori ini mendasari munculnyapendekatan baru dalam belajar bahasa Inggris, yaitu penekanan tata bahasa (grammar). Kelemahan metode pendekatan grammar ini, seseorang kesulitan untuk menggunakan bahasa Inggris lisan secara lancar, karena dalam berbahasa lisan dituntut respon yang cepat.

Selain itu, banyak kalimat yang secara gramatikal benar, tetapi tidak lazim digunakan dalam bahasa percakapan (lisan).

BACA JUGA:Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Acquisition Theory (Penyerapan Bahasa Secara Alami)

Menurut Krashen, proses belajar bahasa terdiri dari dua cara, yaitu aqcuisition dan learning.

Aqcuisition yaitu proses belajar bahasa secara alami dari pengalaman langsung dalam berkomunikasi dengan bahasa tersebut.

Sedangkan learning adalah proses belajar bahasa melalui pemahaman unsur-unsur bahasa yang kemudian digunakan untuk berkomunikasi.

BACA JUGA:Ilmu Pendidikan dan Isu-isu Kritis Bahasa Inggris AUD

Kesimpulan

Dari pembahasan dalam opini ini, kesimpulan penulis adalah sebagai berikut:

1) Perlu adanya teori dan pendekatan yang efektif untuk diaplikasikan dalam mempelajari bahasa Inggris. Ada tiga teori yaitu teori tingkah laku, teori kognitif, dan teori penyerapan bahasa secara alami.

2) Ternyata ada berbagai macam cara agar bisa mempelajari cara bicara (speaking) diantaranya yaitu memperbanyak kosa kata, membaca dengan suara keras, mengenal tata bahasa Inggris sederhana, membaca tulisan bahasa Inggris, melakukan percakapan dengan bahasa Inggris, mendengarkan lagu bahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris, dan senang dengan bahasa Inggris.

BACA JUGA:Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Keterampilan Mendengarkan

3) Dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, guru dapat menggunakan metode role play dan media berupa cerita gambar.

Role play dianggap tidak hanya efektif tapi juga menyenangkan dan memberi motivasi dalam memperluas aspek kebahasaan siswa.

Siswa yang sedikit pendiam atau sering ragu dalam menyatakan pendapat mereka dalam diskusi kelas, akan lebih berani dalam mengekspresikan diri mereka karena mereka mempresentasikan orang lain dalam percakapan tersebut.

Kategori :