Jadi, fonik merupakan bagian dai proses membaca, namun bukan keseluruhannya.
Manfaat dari metode fonik yaitu: dengan dikuasai kaitan huruf antara huruf dan bunyi, anak dapat membaca kata-kata baru sendiri, anak lebih aktif menyimak, dapat membangkitkan minat membaca anak, anak dapat membaca kata-kata dengan lancar.
Tahap membaca menggunakan metode fonik terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap merah yaitu membaca dengan suku kata terbuka seperti mata, mama, papa, meja, dan sebagainya.
Tahap biru yaitu membaca kata yang mengandung suku kata tertutup seperti mo-tor, ka-sur, jen-dela, si-sir, kun-ci dan sebagainya.
BACA JUGA:Indonesia Darurat Kekerasan Anak dan Remaja
Pengenalan huruf pada anak usia dini penting diterapkan karena sebagai dasar anak untuk mengembangkan kemampuan membaca.
Pada saat anak mampu menjawab kosakata dengan benar, guru memberikan anak reward bisa berupa permen atau pujian pada anak, agar anak lebih semangat dalam mempelajari Bahasa Inggris.
Jika anak belum benar dalam menebak kosakata tersebut, janganlah guru memarahi dan menjudge anak, karena hal itu akan merusak fikiran anak.
Guru harus selalu memberikan semangat pada anak agar anak mampu belajar kedepannya. (*)