Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Selasa 23-07-2024,19:24 WIB
Reporter : Alfi Lutfiah
Editor : Andre

BACA JUGA:Menyoal 'Miskin' Kosakata Bahasa Indonesia

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengajar Bahasa Inggris kepada anak-anak usia balita menggunakan fonik dapat menjadi cara yang menyenangkan dan efektif untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan literasi yang kuat.

Dengan menggabungkan aktivitas multisensori, berlatih secara teratur, dan membuatnya menyenangkan, orang tua dapat membantu anak membangun dasar yang kuat untuk membaca, menulis, dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Kesimpulan yang dapat diambil dari observasi yang saya telah lakukan yaitu guru harus memahami kemampuan anak didiknya karena semua anak tidak bisa disamakan dalam memahami kosakata terutama kosakata dalam Bahasa Inggris.

BACA JUGA:Peran Guru PAI Bekali Siswa Terhadap Sekolah Pada Nilai Ujian Praktek Agama

Untuk anak yang kurang merespon dan memahami kosakata, guru jangan terlalu banyak memberi kosakata pada anak, akan tetapi seminggu 2 sampai 3 kosakata saja cukup yang terpenting anak-anak dapat memahami kosakata tersebut. 

Kesimpulan pada metode fonik ini anak akan memiliki kemampuan membaca melalui, melalui metode fonik dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat langsung secara aktif dan kreatif dalam melakukan kegiatan dan meningkatkan kemampuan anak dalam membaca.

Manfaat yang dapat diperoleh dari membaca itu sendiri yaitu akan meningkatkan kosakata, meningkatkan perkembangan otak, kemampuan kognitif, hingga kemampuan berbahasa.

Dalam membaca permulaan anak dapat mengenal beberapa bunyi huruf, menggabungkan bunyi huruf menjadi suku kata dan kata sehingga muncul makna dalam kata tersebut.

BACA JUGA:Degradasi Bandara SMB II Palembang “Tanggung Jawab Saya Mengembalikan Gelar Internasional”

Hal ini akan menambah perbendaharaan kata, pemahaman, wawasan pada anak, dan masih dalam lingkup perkembangan Bahasa anak bidang keakasaraan.

Melalui metode ini setiap anak dapat memulai mengenali suara-suara yang dihasilkan oleh beberapa huruf ataupun gabungan huruf sehingga pelafalan yang seharusnya diucapkan dapat tepat dikeluarkan sebagaimana mestinya.

Tujuan dari fonik adalah untuk mendapatkan pengenalan kata secara otomatis.

Penting juga bagi seorang anak untuk memahami apa yang mereka baca, dan bahwa pemahaman mereka tidak terganggu atau terhambat oleh kelancaran yang buruk.

BACA JUGA:Dahsyatnya Menyambung Silaturrahim

Kategori :