Metode pertama yang digunakan yaitu mengenalkan kosakata berupa gambar yang sudah ada nama kosakata tersebut dalam tulisan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab lalu guru menyebutkan kosakata tersebut dalam Bahasa Inggris dan Arab kemudian anak mengikuti pelafalan kosakata tersebut.
Gambar yang ditunjukkan pada anak berupa gambar objek dari kosakata yang sedang dipelajari.
Guru juga membawa bukti fisik dari kosakata yang sedang dipelajari lalu guru mengucapkan cara pelafalan kosakata tersebut dalam Bahasa Inggris yang benar kemudian anak mengikutinya, metode tersebut dilakukan selama 1 minggu, dan Alhamdullillah dengan metode tersebut anak dapat menghafal dan mengingat kosakata yang diajarkan.
BACA JUGA:Pengaruh Faktor Genetik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak
Menurut saya cara tersebut bisa dilakukan pada anak usia dini walaupun 1 minggu hanya mendapatkan 3 kosakata, karena yang terpenting anak mampu mengucapkannya dan mengerti arti dari kosakata tersebut.
Karena tidak semua anak cepat dalam pelafalan dan daya ingat, terutama pada anak yang memiliki keterlambatan dalam bicara itu akan lebih lama lagi dalam belajar pelafalannya.
Dan juga pada anak yang kurang fokus dalam belajar juga akan lebih lama dalam mengingat kosakata tersebut.
Guru tidak perlu tergesa-gesa dalam mengajarkan Bahasa Inggris pada anak usia dini dengan memberikan lebih banyak kosakata yang diberikan dalam satu minggu, karena itu hanya akan membuat anak bosan dan tidak mau lagi belajar kosakata Bahasa Inggris.
BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif
Guru juga harus bisa membawa suasana kelas yang asik dan nyaman, karena kelas yang nyaman bisa menjadi sarana belajar anak.
Kosakata yang diajarkan untuk anak usia dini yaitu kosakata yang sering ia temui dan sering ia melihatnya dengan begitu ketika guru memberikan gambar kosakata pada anak, guru menyebutkannya dalam Bahasa Inggris dan Arab, pada sekolah tersebut sudah tidak lagi mengartikan kosakata dengan Bahasa Indonesia.
Jika anak tidak faham mengartikan kosakata Bahasa Inggris dan Arab, lalu anak tersebut bertanya pada guru arti dari kosakata tersebut kemudian barulah guru mengartikannya dengan Bahasa Indonesia bagi anak yang belum mengerti kosakata tersebut.
Pembelajaran Bahasa Inggris baiknya guru mengajarkan Bahasa Inggris pada anak usia dini kosakata terlebih dahulu, kosakata semua benda yang ia sering lihat keberadaannya seperti benda yang ada dikamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, taman, dan sekolah.
BACA JUGA:Menggabungkan Pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Berbasis Permainan
Guru mengajarkannya sesuai dengan tema setiap harinya misalnya, dalam satu minggu anak mendapatkan tiga kosakata dalam Bahasa Inggris dengan tema benda yang ada di kamar tidur sampai semua benda yang ada di kamar tidur sudah dipelajari semua.
Ketika tema sudah selesai kemudian lanjut pada tema selanjutnya sampai semua kosakata pada tema sudah diajarkan.