Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik

Selasa 23-07-2024,19:24 WIB
Reporter : Alfi Lutfiah
Editor : Andre

Dan anak-anak akan cepat belajar Bahasa Inggris apabila dengan melibatkan atau menggunakan panca inderanya, seperti melibatkan penglihatan, contohnya dengan menjiplak huruf dengan jari lalu anak menyebutkan bunyi huruf tersebut, melalui senntuhan dengan cara anak membuat atau menyusun huruf dengan palydough kemudian anak menyebutkan bunyi dari huruf yang ia buat.

Dan ketika orang tua menyuruh anak untuk membaca huruf alphabet dalam Bahasa Inggris, orang tua harus menyuruh anak melafalkannya dengan suara yang keras, hal tersebut bertujuan untuk agar anak tidak malu untuk mengucapkannya karena takut salah dalam pengucapan, apabila anak salah dalam pengucapannya maka orang tua yang harus membenarkan pelafalannya.

Dan anak harus berlatih secara teratur Karena latihan yang konsisten adalah kunci untuk mempelajari fonik.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Sesibuk apapun orang tua usahakanlah meluangkan waktu untuk anak walaupun hanya beberapa menit agar anak dapat konsisten dalam belajar Bahasa Inggris dan anak mendapatkan hasil yang bagus. 

Dan orang tua juga harus banyak bersabar dalam proses pembelajarannya karena belajar Bahasa Inggris untuk anak usia dini tidaklah mudah harus melewati beberapa proses atau tahap yang membutuhkan waktu yang lumayan cukup lama karena anak usia dini tidak bisa dipaksakan jika seharian belajar Bahasa Inggris karena diusia seperti itu anak sering merasa jenuh atau bosan jadi hanya bisa belajar dalam waktu yang singkat.

Tidak lupa juga orang tua memberikan dorongan pada anak dan penguatan positif. Ketika anak dapat berbicara Bahasa Inggris rayakanlaah keberhasilannya dengan memujinya dengan kata-kata yang positif atau memberikan hadiah.

Jika anak belum berhasil dalam pengucapannya janganlah orang tua membuat anak frustasi dengan kegagalannnya, jika mereka kesulitan dengan suara atau kata-kata tertentu.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Jika terjadi hal seperti itu orang tua harus memberikan dorongan atau memberinya semangat agar anak mau bangkit dari kegagalannya dan tidak membuatnya frustasi.

Dan agar anak tidak bosan dalam belajar bahasa Inggris orang tua harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yaitu melalui permainan, lagu, dan aktivitas interaktif lainnya.

Setelah saya melakukan observasi pada sekolah anak usia dini yang menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini.

Metode pembelajaran yang dilakukan ada keterkaitan dengan opini yang saya buat ini, di sekolah tersebut pembelajaran Bahasa inggris dilakukan pada saat circle time.

Guru sudah menyiapkan dari sebelumnya gambar dan kosakata yang akan diajarkan pada anak dan sesuai tema pada setiap minggunya.

BACA JUGA:Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

Pada sekolah tersebut dalam 1 minggu guru hanya memberikan 3 kosakata dalam Bahasa Inggris.

Kategori :