Pj Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Sama Implementasi Opsen PKB, BBNKB, Pajak MBLB

Pj Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Sama Implementasi Opsen PKB, BBNKB, Pajak MBLB

Kerja sama antara Pemprov Sumsel dengan 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel tentang implementasi pelaksanaan opsen Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), opsen Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan opsen pajak Mineral Bukan Logam dan Bantuan (MBLB). Foto : Hu--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov Sumsel dengan 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel tentang implementasi pelaksanaan opsen Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Lalu, opsen Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan opsen pajak Mineral Bukan Logam dan Bantuan (MBLB) bertempat di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Selasa 22 Oktober 2024.

Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi mengatakan perjanjian kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan penerimaan pajak daerah yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sumsel.

Dia berharap melalui kerja sama ini proses pemungutan dan pengelolaan pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan optimal, transparan, dan akuntabel.

BACA JUGA:Sah! Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Sumsel Sudah Berlaku, Jangan Dilewatkan Ya

BACA JUGA:Tingkatkan Kepatuhan Pajak, Pemkab Muara Enim Gandeng KPP Pratama Prabumulih

"Dalam hal opsen pajak MBLB diimbau kepada Kepala Daerah untuk menyusun Peraturan Bupati/Walikota sebagai bentuk sinergi peraturan dan pendanaan,” katanya.

Elen menjelaskan, kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber penerimaan pajak yang sangat potensial bagi daerah.

Untuk itu, diperlukan sinergi yang kuat antara Pemprov Sumsel dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mengelola pendapatan, termasuk dalam memaksimalkan pendataan, pemungutan, dan pengawasan pajak kendaraan bermotor.

"Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) sehingga bisa lebih efektif dalam pembangunan daerah,” imbuh Elen.

BACA JUGA:5 Provinsi Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Simak di Sini Siapa Tahu Termasuk Daerah Kamu

BACA JUGA:Muara Enim Sukseskan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Dia menyebut, Sumsel termasuk dalam 4 provinsi yang telah menyelesaikan Pergub dan termasuk12 provinsi yang telah menyelesaikan perjanjian kerja sama.

Sementara itu, Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri, Hendriwan mengungkap  kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kemampuan daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: