474.812 Surat Suara Pilkada Muara Enim 2024 Selesai Dicetak, Tinggal Menunggu Pengiriman

474.812 Surat Suara Pilkada Muara Enim 2024 Selesai Dicetak, Tinggal Menunggu Pengiriman

Ketua KPU Muara Enim, Rohani, S.H. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Ketua KPU Kabupaten Muara Enim Rohani, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyelesaikan proses pencetakan surat suara untuk Pilkada Muara Enim 2024.

Surat suara tersebut dicetak di PT Aksara Grafika Pratama, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Rohani menyampaikan bahwa dirinya melakukan pengecekan dan verifikasi secara langsung surat suara dilakukan pada Kamis 10 Oktober 2024 ke percetakan Aksara Grafika di Boyolali.

Bersamaan dengan itu juga ada pengecekan dari Polres Muara Enim, yakni Kanit 1 Politik Satintelkam, Ipda Sutrisnak, serta Kasi Intel Kejari Muara Enim, Anjasra Karya, dan BKO KPU RI M Ismantri dan Roma Roymand Siagiaan.

BACA JUGA:KPU Muara Enim Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024

BACA JUGA:KPU Muara Enim Tetapkan 4 Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Muara Enim

"Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan surat suara sesuai dengan jumlah yang ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan aturan lain dengan sesuai standar kualitas," ujar Rohani.

Rohani menjelaskan, total surat suara yang dicetak sebanyak 474.812 lembar, yang terdiri dari 460.845 surat suara sesuai DPT, 11.967 surat suara cadangan (2,5 persen dari total DPT), dan 2.000 surat suara tambahan untuk antisipasi Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Saat ini, surat suara yang telah selesai dicetak tinggal menunggu proses pengepakan, pemusnahan surat suara yang rusak, serta pengiriman ke KPU Kabupaten Muara Enim.

Pengiriman surat suara diperkirakan akan dimulai pada 14 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ayo Daftar! KPU Kabupaten Muara Enim Buka Rekrutmen 6.678 Anggota KPPS, Ini Syaratnya

BACA JUGA:KPU Tetapkan 460.845 Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Muara Enim

Rohani menambahkan bahwa pengiriman surat suara ke KPU Muara Enim akan dikoordinasikan terkait pengawalan, apakah akan dilakukan oleh Polres Muara Enim atau Polda Sumsel.

Selain mempersiapkan surat suara, KPU Muara Enim juga tengah bersiap menggelar debat kandidat yang akan diikuti oleh 4 pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: