Jelang Idul Adha, Pemkab Muara Enim Pastikan Stok dan Harga Bahan Pangan Stabil

Jelang Idul Adha, Pemkab Muara Enim Pastikan Stok dan Harga Bahan Pangan Stabil

Staf Ahli Bupati bersama Tim Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim memastikan ketersediaan dan harga bahan pangan di Pasar Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Menjelang hari raya Idul Adha, Pemkab Muara Enim diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, H. Hermin Eko Purwanto bersama Tim Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim memastikan ketersediaan dan harga bahan pangan di pasar stabil.

H. Hermin Eko Purwanto meninjau lapak pedagang yang menjajakan dagangan subsidi Pemerintah dalam Operasi Pasar Murah (OPM) di Blok D Pasar Inpres Muara Enim, pada Senin 10 Juni 2024.

Disamping itu Staf Ahli yang didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Syarpuddin, ia mengatakan kegiatan ini tentunya juga digelar untuk menekan laju angka inflasi yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius bagi tiap daerah.

"Hari ini saja komoditi seperti sayuran dan cabai harganya sudah beranjak naik walau tidak signfikan," katanya.

BACA JUGA:Operasi Pasar Murah Pemkab Muara Enim Kian Akrab dengan Masyarakat

Namun yang pastinya hal ini sudah pasti memberatkan masyarakat, untuk itu pihaknya intervensi langsung jangan sampai kenaikan ini terus berlanjut.

Dirinya berpesan kepada perangkat daerah terkait untuk terus memantau stabilitas harga dan persediaan bahan pokok guna mengantisipasi terjadi hal diluar dugaan.

"Karena diprediksi menjelang Idul Adha akan ada lonjakan pembelian bahan pangan bahkan akan ada pembeli dari luar Muara Enim," katanya.

Komoditi yang dijajakan dalam OPM yang telah disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebesar Rp2.000 hingga Rp20.000.

BACA JUGA:Akhir Bulan, Pemkab Muara Enim Kembali Gelar Operasi Pasar Murah, Harga Telur Ayam Cuma Rp18 Ribu/Kg

Antara lain bawang putih Rp25.000/kg, bawang merah Rp25.000/kg, cabai merah Rp40.000/kg, dan tomat Rp9.000/kg.

Kemudian, kentang Rp10.000/kg, terong Rp8.000/kg, kubis Rp10.000/kg, sawi hijau, Rp8.000/kg, sawi putih Rp8.000/kg.

Cabai rawit Rp30.000/kg, tepung terigu Rp8.000/kg, telur ayam Rp18.000/kg, daging ayam Rp25.000/kg, ikan nila Rp25.000/kg, ikan patin Rp15.000/kg, dan kkan lele Rp17.000/kg. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: