Pendaftar PPS di Muara Enim Didominasi Wajah Lama

Pendaftar PPS di Muara Enim Didominasi Wajah Lama

Koordinator Divisi Perencanaan, Informasi dan Data KPU Muara Enim, Fadlin M Amien. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pendaftar PPS (Panitia Pemungutan Suara) di Kabupaten Muara Enim untuk Pilkada Serentak 2024 didominasi wajah lama.

Kebanyakan pendaftar PPS ini merupakan petugas pada Pemilu 2024 lalu.

Ketua KPU Muara Enim, Rohani melalui Koordinator Divisi Perencanaan, Informasi dan Data, Fadlin M Amien mengatakan, bahwa sudah ada 1.990 pendaftar yang mendaftarkan diri untuk menjadi petugas PPS.

"Yang sudah melengkapi berkas ada sebanyak 1.458 peserta, tapi itu masih bisa dilakukan saat tes tertulis nanti," jelas Fadlin, Kamis 9 Mei 2024.

BACA JUGA:Yuk Daftar! KPU Muara Enim Rekrut PPK dan PPS, Ini Link dan Jadwal Pendaftarannya

Menurutnya, untuk peserta pada dasarnya merupakan wajah lama yang merupakan PPS saat Pemilu 2024 lalu ataupun sebagai Sekretariat PPS.

"Wajah lama sebagian besar, jadi mereka lebih mudah untuk melengkapi berkas karena sudah pernah memiliki pengalaman," ungkap dia.

Namun, baik itu wajah lama ataupun baru semuanya memiliki kesempatan yang sama, sehingga siapapun bisa menjadi petugas PPS selama lulus di setiap tahapan.

"Untuk seleksi tertulis nanti itu di antara tanggal 15, 16, 17 dan 18 Mei 2024, nanti menyesuikan saja karena pada 16 Mei itu ada pelantikan PPK," ungkapnya.

BACA JUGA:PPS Keluhkan Honor Belum Dibayar Selama 2 Bulan, Ini Kata Ketua KPU Muara Enim

Untuk tes tertulis, bisa dibuat serentak di satu tempat, bisa juga dibagi per zona  ataupun kecamatan, di mana hal tersebut akan dirapatkan lagi.

"Akan dirapatkan lagi mana yang lebih efisien untuk itu, karena ini jumlahnya banyak untuk 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim," tutupnya.

Salah satu pendaftar PPS, Denis Hendra, warga Desa Negeri Agung, Kecamatan Rambang mengatakan, bahwa sebelumnya dia di sekretariat PPS, sehingga kini mendaftar untuk menjadi PPS.

BACA JUGA:Hore, Honor PPK dan PPS Besok Cair, Segini Besarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: