Jangan Cuma Bisa Makannya Saja, Ini Sejarah dan Asal Usul Ketupat yang Jarang Diketahui

Jangan Cuma Bisa Makannya Saja, Ini Sejarah dan Asal Usul Ketupat yang Jarang Diketahui

Ilustrasi sejarah dan asal usul ketupat. FOTO : IST--

BACA JUGA:Tidak Usah Beli, Begini Cara Membuat Kulit Ketupat untuk Lebaran

Yang dimana kaum muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah menjelang lebaran yang tujuannya juga menjadi wujud kepedulian kepada sesama manusia.

Jika leburan adalah memiliki makna habis atau melebur, yang dimana maksudnya pada momen lebaran, dosa dan juga kesalahan akan melebur habis, dan oleh karena itu setiap umat muslim dituntut untuk saling memaafkan satu sama lain.

Dan yang terakhir adalah laburan yaitu Labor atau kapur, dimana kapur adalah zat yang biasa digunakan untuk penjernih air maupun pemutih dinding.

Yang artinya agar manusia selalu menjaga kesecuan lahir dan bathin satu sama lain dimana makna tersebut sangatlah dalam.

BACA JUGA:Lebaran Sebentar Lagi, Ini 3 Resep Rendang untuk Hidangan Lebaran yang Lezat dan Nikmat

Jadi memang tidak heran jika kita membuat anyaman ketupat dari daun kelapa sampai saat ini masih menjadi tradisi yang sangat kental.

Itulah asal usul adanya ketupat pada saat lebaran, padahal pada zaman Rasulullah dahulu tidak ada ketupat seperti sekarang.

Ternyata itu ada karena sunan Kalijaga yang pertama kali memperkenalkannya, agar rasa persaudaraan dan juga ikatan silaturahmi semakin terikat satu dengan yang lainnya.

Dan juga rasa hormat kita kepada orang tua harus selalu dijaga sampai kapanpun. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: