Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pj Bupati Muara Enim Sidak Pasar untuk Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pj Bupati Muara Enim Sidak Pasar untuk Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali lakukan sidak di Pasar Muara Enim untuk memastikan ketersediaan bahan pokok. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali melakukan sidak ke Pasar Muara Enim untuk memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Sidak yang turut didampingi sejumlah kepala OPD dan perwakilan Polri-TNI ini, berlangsung pada Kamis 4 April 2024.

Selain untuk memastikan ketersediaan bahan pokok, sidak juga dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan harga dan mengantisipasi kelangkaan bahan pokok.

Hasil dari sidak ini, Rizali memastikan bahwa bahan pokok yang paling banyak dibeli masyarakat jelang Lebaran seperti beras, gula, dan minyak terpantau tidak mengalami lonjakan harga serta ketersediaannya mencukupi.

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah, Pemkab Muara Enim Sediakan 6 Ton Beras untuk Warga Desa Tebat Agung

"Harga kebutuhan pokok seperti beras terpantau stabil dikarenakan gencarnya Pemerintah melaksanakan Operasi Pasar Murah (OPM)," kata Rizali.

"Dan gerakan pangan murah juga terbukti berhasil menekan inflasi dalam menjaga stabilitas harga serta membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah dan terjangkau," lanjut dia.

Sementara untuk komoditas seperti telur, daging ayam, cabai, dan bawang mengalami lonjakan harga.

Hanya saja tidak mencapai 10 persen dari harga normal, sehingga masih terjangkau pembeli.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Subsidi 4 Jenis Sayur-sayuran

Rizali menegaskan bahwa Pemkab Muara Enim bersama dinas/instansi terkait akan rutin melaksanakan sidak.

Selain itu, kegiatan Pasar Murah di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim juga akan tetap dilaksanakan agar stabilitas harga terjaga sampai akhir tahun nanti.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar bijak dalam membeli sembako atau sesuai dengan kebutuhan serta mengingatkan pedagang untuk tidak menimbun barang supaya tidak terjadi kelangkaan yang dapat mengganggu pasokan dan stabilitas harga," pesan Rizali. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: