Unik Serta Sederhana, Ini Cara Warga Kemayoran Muara Enim Bangunkan Sahur

Unik Serta Sederhana, Ini Cara Warga Kemayoran Muara Enim Bangunkan Sahur

Cara Warga Kemayoran Muara Enim Bangunkan Sahur. FOTO : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk meramaikan Ramadhan di Muara Enim Sumatera Selatan. 

Tradisi yang dilakukan pun beragam saat membangunkan warga sahur yang biasa dijumpai di dusun, maupun perkampungan di kota. Warga melakukan itu dikemas menjadi aksi yang lebih kreatif dan atraktif.

Seperti yang dilakukan warga Kemayoran Kota Muara Enim Sumatera Selatan. 

Warga setempat yang merupakan remaja masjid Agung Muara Enim melakukan tradisi membangunkan warga sahur menggunakan konsep sederhana, menabuh barang-barang bekas, seperti botol beling, ember bekas cat, botol plastik dan lainnya dengan cara berkeliling kampung.

BACA JUGA:Yuk Food Prep Bumbu Dapur Ini Agar Masak Saat Sahur Lebih Mudah

Kegiatan itu terlihat sejak hari pertama puasa, Selasa 12 Maret 2024, dimulai pada pukul 02.00 WIB. 

Warga yang kebanyakan remaja itu berkumpul di halaman masjid Agung Muara Enim sebelum berbaris membangunkan warga untuk saur.

Mereka datang dengan pakaian biasa, berbalut kain sarung, dan peci di kepala lalu berbaris rapi. 

Aksi tersebut dikomandoi oleh Fredy Boyas atau dikenal dengan sapaan Mang Boy, dia Humas Masjid Agung Muara Enim. Setelah sang komando memberikan arahan, aksi pun dimulai. 

BACA JUGA:Untuk Para Emak-emak yang Sibuk, Ini Menu Sahur dan Buka Praktis Ala Dokter

Mereka menyusuri sepinya jalan kampung, dan lorong-lorong yang setiap siangnya biasanya ramai aktivitas warga.

Suara dari benda-benda yang ditabuh oleh warga itu mampu memecah kesunyian. Aksi mereka membuat warga keluar rumah untuk sekadar menyaksikan pertunjukan yang dilakukan sekelompok pemuda masjid itu.

Kordinator aksi, Fredy Boyas menjelaskan, aksi ini dilakukan untuk membangunkan warga untuk menyiapkan diri melakukan makan sahur.

"Tujuannya untuk membangunkan warga untuk makan sahur, khsusunya kepada ibu-ibu yang akan menyiapkan makan sahur agar tidak tergesa-gesa," terang Fredy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: