Pemudik Lebaran Tahun Ini Wajib Tahu, Berikut Skema Lalu Lintas Baru di Tol Trans Jawa

Pemudik Lebaran Tahun Ini Wajib Tahu, Berikut Skema Lalu Lintas Baru di Tol Trans Jawa

Mulai tanggal 5 April 2024, pemudik akan menghadapi skema contraflow, one way, serta ganjil-genap dalam perjalanan mereka.--

Wajb Tahu Bagi Pemudik Lebaran, Ini Skema Lalu Lintas Baru di Tol Trans Jawa 

Enimekspres.co.id- Pemudik lebaran di jalan tol Trans Sumatera (JTTS) dipastikan tak mengalami masalah, namun bagi yang melintas Tol Trans Jawa perlu mengetahui skema yang dibuat Korlantas polri.

Ya, dalam upaya mengatasi kemacetan selama masa mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri mengumumkan pemberlakuan beberapa skema rekayasa lalu lintas di ruas Tol Trans Jawa. 

Mulai tanggal 5 April 2024, pemudik akan menghadapi skema contraflow, one way, serta ganjil-genap dalam perjalanan mereka.

Menurut Irjen Aan Suhanan, Kakorlantas Polri, dalam rapat koordinasi persiapan arus mudik 2024 yang berlangsung di Jakarta, menyatakan bahwa skema ini diterapkan untuk meminimalisir risiko kemacetan parah yang kerap terjadi selama periode mudik. 

BACA JUGA:Jalintengsum Muara Enim Masih Ramai Kendaraan Pemudik

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmad Wibowo Pantau Jalan Tol yang Akan Dilalui Pemudik

"Mulai tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB, kami akan menerapkan contraflow, one way, dan pembatasan angkutan barang tertentu," ujar Aan.

Contraflow akan diterapkan di ruas Tol Jakarta-Cikampek dari KM 36 hingga KM 72. 

Sementara itu, skema one way akan berlaku dari KM 72 sampai dengan KM 414 di Kalikangkung.

Skema ganjil-genap, menurut Aan, akan diterapkan secara situasional, bergantung pada tingkat kepadatan kendaraan yang melintasi tol tersebut.

Aan belum dapat memberikan detail lebih lanjut mengenai jadwal pemberlakuan skema ganjil-genap, namun menegaskan bahwa semua rekayasa lalu lintas ini diterapkan sebagai antisipasi terjadinya stagnasi arus kendaraan selama Lebaran.

BACA JUGA:Pemudik Lewati Jalan Lintas Tengah Sumatera Mulai Ramai, Mayoritas Plat Luar Sumsel

Langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan solusi efektif untuk mengurangi kemacetan, mempercepat perjalanan pemudik, dan meningkatkan keselamatan selama periode sibuk mudik Lebaran 2024.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: