Optimalkan Sumber Daya Tambang, Pj Gubernur Sumsel Sebut Akan Perbaiki Jalan untuk Permudah Angkutan

Optimalkan Sumber Daya Tambang, Pj Gubernur Sumsel Sebut Akan Perbaiki Jalan untuk Permudah Angkutan

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni sebut akan perbaiki jalan yang menjadi akses angkutan tambang di Muratara, Sumsel. Foto : DOK--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyebut akan mengoptimalkan potensi sumber daya tambang di Kabupaten Muratara, Sumsel.

Agus Fatoni mengatakan, tentunya tidak akan menyia-nyiakan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayah tersebut.

Ke depannya, guna mempermudah akses angkut tambang, Pemprov Sumsel akan melakukan perbaikan jalan yang menjadi salah satu kendala.

Ini dikarenakan biaya angkut tambang tidaklah murah.

BACA JUGA:Menteri Pertanian Bersama Pj Gubernur Sumsel Upsus Optimalisasi Lahan Rawa di Banyuasin

“Salah satu penyebab utama kita, kendala kita adalah jalan, ini yang perlu kita pikirkan bersama bagaimana kita bisa mengoptimalkan potensi yang sangat besar ini khususnya di Muratara, dan kemudian kita bisa mendapatkan manfaat, kebaikan dari potensi yang sangat besar itu,” kata Fatoni.

Hal itu seperti disampaikan Fatoni dalam Rapat Optimalisasi Dana Bagi Hasil (DBH) Mineral dan Batubara (Minerba) di wilayah Kabupaten Muratara di Fairmont Hotel, Jakarta, pada Selasa 5 Maret 2024.

“Salah satu pintu masuk ini semua adalah perbaikan jalan, nah maka ini kita akan pikirkan bersama-sama,” sambung Fatoni.

Menurutnya, Sumsel memiliki pekerjaan rumah terkait memaksimalkan potensi tambang yang ada dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sebut Produktivitas Padi Sumsel Nomor 4 Nasional, Segini Jumlahnya

Nantinya, jika dimanfaatkan dengan baik, tentunya akan berdampak luas, mulai dari perusahaan, pemerintah setempat juga masyarakat sekitar.

“Pada intinya bagaimana kita bisa menambang sebesar-besarnya tentunya dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan dari situ kemudian kita mendapat manfaat," ulasnya.

"Pertama dari perusahaan, mereka untung itu memang prinsip bisnis harus seperti itu, kemudian kedua Pemerintah harus diuntungkan dengan adanya DBH, sumber-sumber dana lain,” kata Fatoni.

Menurutnya, pertemuan seperti ini sangatlah penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: