Banyak Pengemudi Salah Mengendalikan Mobil di Tanjakan dan Turunan Panjang
Di turunan dan di tanjakan panjang masih banyak pengemudi salah dalam mengendalikan mobil. Foto: Lis enimekspres--
Menekan pedal rem dalam waktu lama akan mengakibatkan kampas rem terbakar dan aus.
Kampas rem yang aus akan memakan pelat besi cakram pada sistem pengereman.
Meskipun pedal rem ditekan sedikit, tapi dalam waktu lama di turunan panjang, akan mempercepat kampas rem aus.
Demikian pula di tanjankan panjang.
Jika dalam waktu lama pedal kopling ditekan, meskipun sedikit tetap saja akan mempercepas aus kopling.
BACA JUGA:Jangan Panik! Ini Tiga Teknik Mengemudi Mobil Manual Ketika Berada Ditanjakan
BACA JUGA:Berikut Ini Ciri-Ciri Mengetahui Dinamo Starter Mobil Rusak
Indikasi nyata kopling aus adalah tercium bau angit seperti terbakar masuk ke dalam kabin mobil.
Artinya, jika bau angit seperti terbakar sudah masuk ke kabin mobil, itu pertanda pengemudi kurang tepat menahan mobil di tanjakan.
Cara benar menahan mobil di tanjakan panjang adalah dengan menarik rem tangan.
Menarik rem tangan, selain menjamin keamanan karena mobil tidak mundur, akan merawat kopling bertahan lebih lama.
BACA JUGA:Tips Beli Kendaraan Bekas saat Ada Promo Mobil Murah
BACA JUGA:Ada Rencana Mau Pinang Mobil Bekas, Berikut Pilihan Mobil LCGC Harga Mulai Rp50 Jutaan
Perlu diketahui, kedua cara benar mengemudi di turunan atau di tanjakan panjang di atas berlaku sama, baik mobil dengan penggerak roda depan atau mobil dengan penggerak roda belakang dengan transmisi manual.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: