PAUD Sudah Gunakan Raport Kurikulum Merdeka! Agar Tidak Salah, Ikuti Cara Penulisannya Berikut ini

PAUD Sudah Gunakan Raport Kurikulum Merdeka! Agar Tidak Salah, Ikuti Cara Penulisannya Berikut ini

Siswa PAUD-TK Kamboja belajar dengan menerapkan kurikulum merdeka. FOTO : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah menerapkan Kurikulum Merdeka (KM) pada semester I tahun ajaran 2023/2024. 

Bagi guru PAUD-TK musti mengetahui dalam melakukan penyusunan narasi dari raport kurikulum merdeka bagi anak PAUD yang mencangkup penilaian atas capaian pembelajaran anak selama 1 semester.

Adapun narasi raport ini mencakup penilaian atas capaian pembelajaran anak, yang meliputi 3 area utama: Nilai Agama dan Budi Pekerti, Jati Diri, serta Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni. 

Menurut Kepala PAUD Kamboja Muara Enim Sumatera Selatan, Resna SPdi, bahwa untuk pengisian raport kurikulum merdeka berbeda dengan sebelumnya kurikulum K13. 

BACA JUGA:Paud Kamboja Muara Enim Gelar Gerakan Jumat Sehat Dengan Senam dan Minum Susu

BACA JUGA:Wow, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Cerita Bersama Ratusan Anak PAUD

Pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024, PAUD Kamboja sudah menggunakan raport Kurikulum Merdeka. 

“Pada semester satu tahun ajaran 2023/2024 kami sudah menggunakan raport kurikulum merdeka, tidak lagi pakai yang sebelumnya K13,” terang Resna, Minggu (10/12/2023).

Nah, berikut ini adalah contoh isian raport dalam kurikulum merdeka.

1. Nilai Agama dan Budi Pekerti 

BACA JUGA:Muara Enim Hanya Miliki 9 PAUD Negeri, Pemkab Berharap Bisa Bertambah

BACA JUGA:Optimalkan Sistem Pembelajaran pada Satuan PAUD, Ini yang Dilakukan Pemda

Pada aspek Nilai Agama dan Budi Pekerti, narasi raport berfokus pada bagaimana anak mulai memahami dan menerapkan nilai-nilai agama dan kepercayaan, termasuk perilaku baik, penghargaan terhadap sesama, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Contoh narasinya, ”selama semester ini Ananda Arkam Zaydan Nurhidayat semakin mengenali dan menerapkan nilai-nilai dalam agama islam. Saat kegiatan sebelum belajar bersama, Ananda Arkam bersegera menyoapkan diri, Ananda juga melafalkan doa sebelum belajar dengan baik. Ananda juga menunjukkan sikap bergotong royong, bersamasama membereskan mainan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: