Banyak Asap Dampak Karhutla, Pj Bupati Muara Enim Bersama Forkopimda Bagikan Masker untuk Cegah ISPA

Banyak Asap Dampak Karhutla, Pj Bupati Muara Enim Bersama Forkopimda Bagikan Masker untuk Cegah ISPA

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali didampingi Pj Ketua PKK Muara Enim dan Forkopimda membagikan masker kepada pengguna jalan untuk mencegah ISPA dampak asap karhutla. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali bersama forkopimda membagikan masker kepada pengguna jalan.

Pembagian masker yang berlangsung di Jalan Ahmad Yani, depan kantor Bupati Muara Enim, Sumsel ini dalam rangka mencegah ISPA dampak asap karhutla.

Hal tersebut juga dilakukan sebagai sosialisasi dan stimulan agar masyarakat bisa menggunakan masker selama musim kemarau saat ini.

Dalam pembagian masker tersebut, Pj Bupati Muara Enim H. Ahmad Rizali (HAR) dampingi Pj Ketua PKK Muara Enim turun langsung membagikan masker bersama forkopimda dan Dinas Kesehatan.

BACA JUGA:Kemarau Panjang, Warga Muara Enim Kesulitan Air Bersih dan Diperparah Debu Batu Bara

Ikut mendampingi juga para kepala OPD di lingkup Kabupaten Muara Enim.

Pj Bupati Muara Enim mengatakan bahwa penggunaan masker itu bukan sekedar karena Covid-19 seperti waktu lalu, tapi juga ini karena banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita bisa lihat banyak sekali asap dan bekas bakaran yang ada di udara, bisa saja itu terhisap, kalau dilihat di mikroskop itu banyak hal yang membahayakan," ujarnya, Rabu 11 Oktober 2023.

Pembagian masker ini merupakan stimulan bagi masyarakat, sehingga masyarakat memahami dan menyadari pentingnya penggunaan masker saat ini.

BACA JUGA:PWRI Muara Enim Belajar dan Cari Informasi Pembangunan ke Bengkulu

"Apalagi prediksi BMKG hujan akan turun secara massif pada awal November, ini masih pertengahan, masih 3 minggu lagi," terangnya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah, terutama anak-anak dan orang tua.

"Agar kita tidak terkena penyakit seperti batuk-batuk, ya setidaknya sampai cuaca lebih baik lagi," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, dr. Eni Zatila, MKM, mengatakan kasus inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mengalami peningkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: