Waduh! Kerusakan Bangunan Perpustakaan Muara Enim Makin Parah, Tuh Lihat Penampakannya

Waduh! Kerusakan Bangunan Perpustakaan Muara Enim Makin Parah, Tuh Lihat Penampakannya

Tampak dari depan kondisi bangunan kantor Perpustakaan dan Keasipan Kabupaten Muara Enim sangat memperhatinkan. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Kondisi kerusakan bangunan Perpusatakaan Muara Enim, Sumsel, semakin parah saja.

Pasalnya, beberapa komponen bangunan yang menelan anggaran ABPD sebesar Rp13,9 miliar itu banyak yanh hilang dan rusak.

Pantauan di lapangan, kaca pintu pecah, kaca dinding habis beserta tulangan kaca hilang, plafon rusak, kabel instalasi listrik hilang, dan colokan saklar banyak dirusak.

Kemudian sebanyak 25 unit blower AC dirusak dan komponen mesin blower hilang dan 2 unit blower masih utuh terpasang, tiang panel almunium rusak lantaran rangka besi holow dicuri.

BACA JUGA:Jalan Penghubung Antar Desa di Kecamatan Belimbing Ini Rusak Parah

Tokoh Pemuda Kabupaten Muara Enim, Ahmad Solihin, mengatakan sangat menyayangkan kasus pembangunan Perpusatakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim yang menelan 2 kali anggaran APBD tahun 2020 sebesar Rp5 miliar dan 2021 sebesar Rp8,9 miliar dengan total Rp13,9 miliar tersebut hingga kini tidak ada kejelaskan.

Hal ini berdampak pada fisik bangunan seperti bagian-bagian dan fasilintas gedung banyak yang hilang dan dirusak oleh oknum tak bertanggungjawab.

Apabila memang kasusnya tidak selesai lebih baik ditutup agar penyidik hukum lainnya seperti Polda atau KPK bisa mengambil alih perkara tersebut.

“Kalau tidak ada kejelasan dari pihak penyidik Kejati lebih baik perkaranya ditutup saja. Estafet penyidikan bisa diteruskan ke Polda atau KPK," katanya.

BACA JUGA:Fasilitas Hutan Kota Sungai Aur Muara Enim Banyak Hilang dan Rusak

"Kalau mengambang seperti ini yang dirugikan masyarakat dan pemerintah daerah, karena mau melanjutkan pembangunan tidak bisa karena masih dalam proses hukum sehingga terjadi pembiaran bangunan mengakibatkan komponen dan fasilitas bangunan hilang dan rusak,” tegas Solihin, Selasa 1 Agustus 2023.

Senada dikatakan Ketua Gapensi Kabupaten Muara Enim, Ahmad Imam Mahmudi, bahwa pembangunan kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim ternyata kondisinya sangat luar biasa memprihatinkannya.

Seperti plafon hancur, panel-panel dinding rusak, kabel-kabel instalasi semuanya hilang. Dan kondisi ini menambah kerugian-kerugian dari bangunan itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: