Tiga Desa di Kabupaten Muara Enim Prioritas Penanganan Stunting

Tiga Desa di Kabupaten Muara Enim Prioritas Penanganan Stunting

Rembuk Stunting di Kabupaten Muara Enim 2023 di ruang rapat Pangripta Bappeda, Selasa 11 Juli 2023. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

Kemudian berdasarkan hasil pemetaan, analisa data prevalensi stunting dan cakupan program kegiatan tahun 2021 pada OPD terkait stunting, menunjukan bahwa di Kabupaten Muara Enim terdapat 28 desa lokasi khusus stunting yang tersebar di 8 kecamatan.

Kecamatan yang termasuk Lokus stunting tersebut adalah Kecamatan Rambang, Sungai Rotan, Gunung Megang, Tanjung Agung, Belida Darat, Semende Darat Tengah, Semende Darat Ulu, dan Kecamatan Lubai Ulu.

BACA JUGA:Titik Hotspot di Wilayah Kabupaten Muara Enim Turun 64 Persen

BACA JUGA:Telan Dana Rp 7 Miliar, Gereja Katolik Santo Yosep Tanjung Enim Diresmikan Bupati Muara Enim

Namun diketahui jumlah angka tertinggi stunting di wilayah Kecamatan Rambang ada dua desa, yakni Desa Sugih Waras jumlah anak stunting mencapai 68 kasus dan Desa Pagar Agung 58 kasus.

Kemudian Desa Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Agung menduduki angka 63 kasus.

Oleh karena itu upaya penanggulangan permasalahan gizi dalam pencegahan dan penanggulangan stunting harus dilakukan secara terpadu baik lintas sektoral maupun lintas program.

"Hal  telah menjadi prioritas nasional, yang tentu saja harus menjadi prioritas kita bersama dalam penyusunan rencana pembangunan," jelasnya.

BACA JUGA:Demi Wujudkan Jalan Alternatif untuk Truk Batu Bara, Ini yang Dilakukan Plt Bupati Muara Enim

BACA JUGA:Plt Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Inovasi Energi

Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pencegahan dan penanggulangan Stunting, kata Kaffah, maka perlu dilakukan konvergensi dalam program/kegiatan dan sumber pembiayaan pada lokasi desa yang telah ditetapkan.

Kegiatan ini haruslah melibatkan semua sektor dengan melibatkan institusi pemerintahan maupun non-pemerintahan seperti swasta, masyarakat madani dan komunitas.

Adanya pertemuan Rembuk Stunting ini, dirinya berharap setiap perangkat daerah, swasta, organisasi masyarakat dan organisasi profesi mempunyai komitmen yang sama dalam pencegahan dan penanggulangan stunting.

Oleh itulah diperlukan adanya konvergensi dalam program atau kegiatan dan sumber pembiayaan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Penting dan Jangan Diabaikan! Berikut 4 Tips Agar Sepeda Listrik Aman Parkir di Tempat Umum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: