Miliki Daerah Perairan, Tiga Kabupaten Ini Punya Wilayah Terluas di Sumsel. Ada yang Tahu Kabupaten Apa Saja?

Miliki Daerah Perairan, Tiga Kabupaten Ini Punya  Wilayah Terluas di Sumsel. Ada yang Tahu Kabupaten Apa Saja?

Kabupaten Banyuasin salah satu kabupaten di Sumsel yang memiliki wilayah perairan yang berbatasan dengan selat Bangka.(foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL---Provinsi Sumatera  Selatan     ( Sumsel) merupakan salah satu provinsi besar di pulau Sumatera.   Dengan memiliki  17 Kabupaten/Kota, Sumsel memiliki   luas wilayah sepanjang 91.592,43  km2 (kilo meter persegi).

Dari 17 Kabupaten/kota yang ada, setidaknya ada  tiga kabupaten yang memiliki wilayah terluas di Sumsel sebagaimana dikutip dari data BPS Sumsel.

Yakni nomor urut satu dengan wilayah terluas ada Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan luas wilaya 17. 071,33 Km 2, nomor dua Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan luas 14 .550,79 km 2 dan nomor tiga Kabupaten Banyuasin dengan luas wilayah 12. 262,76 km.

Tiga Kabupaten tersebut terkenal luas, salah satunya memiliki wilayah di daerah perairan.

BACA JUGA:Jaraknya 120 Km dari Palembang, Kabupaten Ini Penghasil Karet Tertinggi di Sumsel. Bisa Tebak Kabupaten Apa?

Kemudian, dua kabupaten wilayah masing-masing menjadi batas wilayah antara Provinsi Sumsel dengan provinsi lain.

Di mana wilayah Kabupaten OKI tepatnya dibagian selatan berbatasan dengan wilayah Provinsi Lampung dan wilayah di Kabupaten Muba ada yang berbatasan dengan Provinsi Jambi.

Pertama, Kabupaten OKI memiliki wilayah paling luas di Sumsel. Dikarenakan meski sudah mengalami pemekaran dengan Kabupaten Ogan Ilir.

Kabupaten OKI tetap memiliki wilayah yang luas dengan memiliki 18 kecamatan dan 321 kelurahan dan desa. Wilayah yang paling luas yakni Kecamatan Tulung Selapan dengan 4.853,40 km2.

BACA JUGA:Selain Padi, Kabupaten Penyangga Kota Palembang ini Juga Penghasil Kelapa Terbesar di Sumsel

Sekitar 75 persen wilayah OKI adalah persawahan, dan 25 persen adalah daratan. Kabupaten OKI juga memiliki daerah perairan yakni wilayah pantai dan laut.

Adapun wilayah pesisir pantai timur OKI meliputi Kecamatan Air Sugihan, Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Cengal, dan Kecamatan Sungai Menang.

Kedua, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dahulu Kabupaten yang dikenal dengan julukan Serasan Sekate ini adalah salah satu kabupaten besar di Sumsel.

Batas wilayahnya mengelilingi Kota Palembang. Kemudian pada awal 2000, Kabupaten Muba mengalami pemekaran satu kabupaten baru yakni Kabupaten Banyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: