Selain Padi, Kabupaten Penyangga Kota Palembang ini Juga Penghasil Kelapa Terbesar di Sumsel

Selain Padi, Kabupaten Penyangga Kota Palembang ini Juga Penghasil Kelapa Terbesar di Sumsel

--

ENIMEKSPRES.CO.ID---- Kabupaten Banyuasin yang merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), selain terkenal sebagai daerah penghasil produksi padi tertinggi di Provinsi Sumatara Selatan (Sumsel).

Kabupaten yang beribukota di Pangkalan Balai ini dan menjadi daerah penyangga Kota Palembang ini, ternyata juga menjadi daerah nomor satu dalam penghasil kelapa di Bumi Sriwijaya.

Produksi buah kelapa Sumsel pada 2022 lalu sebanyak 58.039,00 ton. Di mana semua kabupaten/kota di Sumsel memiliki perkebunan kelapa rakyat, baik dalam sekala besar maupun skala kecil.

Dari 58.039,00 ton buah kelapa tersebut,  terbesar sumbangan dari Kabupaten Banyuasin dengan produksi buah kelapa pada 2022 lalu sebanyak 46.600,00 ton.

BACA JUGA:6 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Ketika Membeli Daihatsu Sigra Bekas, Nomor 4 Jangan Diabaikan

Kabupaten Banyuasin yang berbatasan langsung dengan Kota Palembang secara tofografis banyak memiliki daerah perairan ini.

Sejak dahulu memang terkenal penghasil buah kelapa. Bahkan selain penghasil kelapa, utamanya daerah Jalur di Kabupaten Banyuasin terkenal sebagi gudangnya buah dogan.

Buah dogan dari Jalur, Banyuasin ini banyak mengisi pedagang-pedagang dogan yang ada di Palembang hingga daerah kabupaten/Kota di Sumsel.

Berikut informasi tentang produksi kelapa kabupaten/kota yang ada di Sumsel  pada 2022. Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) produksi kelapanya sebanyak 239,00 ton.

BACA JUGA:Mobil Suzuki Vitara untuk Angkut Sawit Curian, 4 Pelaku Dicokok Polisi, Tuh Orang-orangnya

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan produksi kelapa sebanyak 1.531,00 ton.

Kabupaten Muara Enim dengan produksi kelapa sebanyak 1.190,00 ton. Kabupaten Lahat dengan produksi kelapa sebanyak  325,00 ton.

Kabupaten Musi Rawas (Mura) dengan produksi kelapa sebanyak  1 775,00 ton.

 Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memiliki produksi kelapa sebanyak 3.276,00 ton. Kemudian Kabupaten Banyuasin dengan produksi paling tinggi di Sumsel sebanyak 46.600,ton kelapa pertahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: