Jalan Khusus Truk Batu Bara Terganjal IUP PT Bukit Asam, Masyarakat Tanjung Enim Bilang Begini

Jalan Khusus Truk Batu Bara Terganjal IUP PT Bukit Asam, Masyarakat Tanjung Enim Bilang Begini

Jalan Khusus Truk Batu Bara Terganjal IUP PT Bukit Asam. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Masyarakat Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul menyatakan siap mendukung keinginan Pemkab Muara Enim dan para pemilik IUP serta transportir angkutan truk batu bara untuk mewujudkan jalan khusus truk batu bara.

Pasalnya, warga sudah trauma dan muak semenjak adanya aktivitas truk batu bara yang melintas di Jalinsumteng di wilayah Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Hal tersebut disampaikan beberapa perwakilan masyarakat dari Desa Lingga, Desa Keban Agung, Desa Darmo, Kelurahan Pasar dan Tanjung Enim Selatan di hadapan perwakilan pemegang IUP dan transportir angkutan truk batu bara.

Keinginan itu disampaikan saat rapat yang dipimpin langsung Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah didampingi Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar, dan Sekda Muara Enim Yulius, di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Selasa 13 Juni 2023.

BACA JUGA:Lagi, Polda Sumsel Amankan 8 Sopir Truk Pengangkut Batu Bara Ilegal Asal Muara Enim, Segini Barang Buktinya

BACA JUGA:Sopir Truk Angkutan Batu Bara Ilegal Ditetapkan Tersangka, Ini Pasal yang Disangkakan

"Kami siap di depan jika PT Bukit Asam tidak mau bekerjasama dan memberikan izin melintas untuk jalan khusus truk batu bara. Bila perlu kami turun ke jalan," tegas tokoh masyarajat Desa Lingga, Amat Nangwi.

Menurut Amat Nangwi, bahwa masyarakat terutama yang tinggal di sepanjang Jalinsumteng bertahun-tahun lamanya sudah trauma dan muak dengan keberadaan angkutan batu bara, sebab lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

Keuntungannya hanya dinikmati oleh segelintir orang, sedangkan yang menderita puluhan ribu orang.

Untuk itu, dengan adanya rencana akan dibangun jalan alternatif untuk angkutan truk batubara tentu pihaknya sangat mendukung karena itu yang diinginkan masyarakat dan sesuai aturan Minerba (Mineral dan batu bara).

BACA JUGA:Truk Angkutan Batu Bara Alami Kecelakaan Tunggal, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Angkutan Batu Bara Ilegal Kembali Berulah, Kapokmu Kapan?

Namun yang menjadi kendala ternyata di izin PT Bukit Asam, sebab rencana jalan tersebut salah satunya juga akan melintasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Bukit Asam, padahal perusahaan lainnya sudah setuju melintasi IUP masing-masing.

"Sebenarnya percuma diberikan kompensasi ke warga dan sebagainya, solusi terbaik bangunkan jalan khusus truk batu bara tersebut. Makanya warga dukung rencana itu, dan jika kendala di PT Bukit Asam warga siap turun ke jalan bila perlu," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: