Tinggal 5 Bulan Lagi, Jabatan 10 Kepala Daerah di Sumsel Termasuk Gubernur Akan Berakhir

Tinggal 5 Bulan Lagi, Jabatan 10 Kepala Daerah di Sumsel Termasuk Gubernur Akan Berakhir

10 kepala daerah di Sumsel habis masa jabatan pada 2023. Foto : DOK/NET--

SUMSEL, ENIMEKSPRES.CO.ID - 10 kepala daerah terdiri dari Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Walikota di SUMSEL akan berakhir masa jabatannya pada penghujung 2023.

Termasuk juga masa jabatan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya.

Selanjutnya untuk gubernur dan bupati dan walikota yang jabatan berakhir tersebut akan diisi oleh Penjabat (PJ) yang akan dipilih oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pj kepala daerah tersebut akan menjabat hampir 1,5 tahun sampai terpilihnya kepala daerah baru pada Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

BACA JUGA:Anies, Prabowo, Ganjar Tarung di Pilpres 2024

Berikut kepala daerah di Sumsel yang jabatannya berakhir di 2023:

1. Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya

Keduanya dilantik pada 1 Oktober 2018 lalu, itu berarti jabatannya tersisa kurang lebih 5 bulan lagi atau tepatnya 1 Oktober 2023 akan habis dan diganti Pj gubernur.

Bagi Herman Deru dan Mawardi Yahya ini merupakan periode pertama bagi mereka menjabat gubernur dan wakil gubernur dan kemungkinan keduanya bisa kembali maju dalam Pilkada serentak 2024 mendatang.

BACA JUGA:Parpol Dilarang Kampanye Sebelum 75 Hari Jelang Masa Tenang, Begini Kata Bawaslu Muara Enim

Dalam Pilkada 2018 lalu, mereka berdua mengalahkan pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda, Ishak Mekki-Yudha Pratomo, serta Syaipudin Aswari-Irwansyah.

Untuk Pilkada serentak 2024 mendatang, bisa saja Herman Deru dan Mawardi tetap berpasangan, bisa juga tidak berpasangan lagi.

Pada jabatan politik Herman Deru menjabat sebagai ketua DPW Nasdem Sumsel, sedangkan Mawardi Yahya baru saja bergabung menjadi anggota dewan pembina DPP Gerindra.

BACA JUGA:KPU Muara Enim Sosialiasikan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: