Masyarakat Desa Darmo Siap Kembali ke Sektor Pertanian, Ini yang Dikatakan Kepala Desa Darmo

Masyarakat Desa Darmo Siap Kembali ke Sektor Pertanian, Ini yang Dikatakan Kepala Desa Darmo

Suasana workshop diikuti warga Desa Darmo dengan tema transisi energi. FOTO : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Jika permintaan batubara dunia di masa depan tidak akan ada lagi. 

Masyarakat Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim selama ini di kelilingi tambang batubara akan kembali ke sektor pertanian

Hal itu, menurut mereka, bahwa adanya kegiatan batubara selama ini tidak signifikan berdampak, pada kegiatan ekonomi masyarakat.

"Tidak banyak warga Desa Darmo yang bekerja di sektor pertambangan. Sampai saat ini, mereka masih berkegiatan di sektor pertanian, khusunya perkebunan karet," kata Kepala Desa Darmo Ilwan.

BACA JUGA:Target 1 Juta Sertifikasi Halal di 2024, Ini yang Dilakukan BPJPH

BACA JUGA:Wow! Hanya Dengan 3 Cara Simpel Bisa Dapat Saldo Dana Gratis Hingga Ratusan Ribu.

Saat mengikuti kegiatan workshop "Dimensi Sosial Transisi Batubara Berkeadilan" yang berlangsung di Kantor Desa Darmo, Minggu 29 Januari 2023.

Adanya kegiatan pertambangan batubara oleh perusahaan saat ini. 

Kata Ilawan, pihaknya meminta kepada perusahaan-perusahaan itu bisa mengakomodir para pemuda desa usia produktif untuk kerja. 

Kemudian, pihaknya meminta juga kepada perusahaan, agar para pemuda-pemudi desanya bisa dibekali dengan keterampilan kerja di tambang, UMKM, maupun bantuan pendidikan melalui beasiswa ke jenjang perguruan tinggi.

BACA JUGA:Fihi Pratama Nahkodai Himpunan Mahasiswa Kelekar, Ini Harapan Salah Satu Pendiri HIMAKEL

BACA JUGA:Perekrutan Panitia Pengawas PKD Tidak Dipungut Biaya Apapun, Ini yang Dikatakan Anggota Bawaslu Kabupaten PALI

"Perlu kita pikirkan sekarang ini yakni anak-anak mudanya, usia di bawah 40 tahun ini. Bagaimana supaya mereka tidak mengganggur, ada pekerjaan atau usaha supaya mandiri. Karena warga usia lebih dari 40 tahun itu sudah kurang produktif lagi bekerja di tambang, mereka tetap berusaha di pertanian," imbuh Ilwan.

Sementara itu, Hamida dari Dalla Institute tujuan dari riset ia lakukan pada masyarakat sekitar tambang batubara mengungkapkan, saat ini dunia tengah berencana untuk beralih pada energi terbarukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: