Tol Pekanbaru-Bangkinang Diresmikan, Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumsel Kapan Dilanjutkan? Ini Penjelasannya

Tol Pekanbaru-Bangkinang Diresmikan, Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumsel Kapan Dilanjutkan? Ini Penjelasannya

Tol Pekanbar_Bangkinang diresmikan Presiden Jokowi, lalu kapan kelanjutan pembangunan tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumsel. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

SUMATERA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Pekanbaru-Bangkinang, di Gerbang Tol Bangkinang, pada Rabu 4 Januari 2023.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berharap hadirnya tol Pekanbaru-Bangkinang ini, maka kecepatan mobilitas barang, orang, dan jasa semakin baik.

Dengan begitu akan menghidupkan daya saing produk yang ada di Provinsi Riau.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini, saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau,” ucap Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang.

BACA JUGA:Tol Pekanbaru-Bangkinang Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Harapannya

Diresmikannya jalan tol tersebut, lanjut Jokowi, bisa menumbuhkan sentra ekonomi baru, hingga pada akhirnya akan membuka lapangan kerja serta memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir, mengatakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) berpotensi mendongkrak kontribusi Sumatera terhadap PDB nasional yang saat ini menempati urutan kedua, dengan besaran mencapai 22-24 persen.

“Sesuai dengan diskusi-diskusi kami memastikan keseimbangan sosial dan ekonomi Jawa dan Sumatera, karena itu tol Sumatera terus dilaksanakan, HK (Hutama Karya) dapat dukungannya,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir.

Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Pekanbaru-Padang sepanjang 254 km, yang dapat menghubungkan daerah di Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat.

BACA JUGA:Curi Sepeda Motor, Kipli Ditangkap Anggota Polsek Rambang Dangku Polda Sumsel, Nih Tampang Pelakunya!

Konektivitas di JTTS juga dapat memangkas beban logistik dan meningkatkan taraf kompetitif Indonesia di tengah persaingan regional maupun global.

Dalam pembangunannya, anak usaha Hutama Karya selaku kontraktor, yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menggunakan inovasi teknologi tinggi seperti konstruksi digital.

Kemudian Building Information Modelling (BIM) dalam tahapan perencanaan hingga konstruksi proyek, serta mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja lokal.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bukti adaptasi perusahaan terhadap teknologi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diolah dari berbagai sumber