Pemprov Sumatera Selatan Dukung Upaya Pemerintah Pusat Percepat Pemulihan Ekonomi

Pemprov Sumatera Selatan Dukung Upaya Pemerintah Pusat Percepat Pemulihan Ekonomi

Pemprov Sumatera Selatan dukung Pemerintah Pusat mempercepat pemulihan ekonomi. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

"Kita harap KUR yang diberikan ini bisa terealisasi dengan tepat sasara, sehingga para UMKM dan industri-industri lainnya bisa leluasa melakukan pengembangan usahanya," harap Presiden Jokowi.

Jokowi menegaskan, dana KUR Klaster tersebut dapat dilaksanakan kepada semua sektor industri dan UMKM yang memeiliki peluang pasar yang besar.

BACA JUGA:Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru Lantik Pujasuma Muara Enim Masa Bakti 2022-2027, Ini Harapannya

BACA JUGA:Begini Cara Polres Ogan Ilir Polda Sumatera Selatan Cegah Peredaran Narkoba

"KUR Kluster ini bisa dilaksanakan untuk semua sektor industri baik itu perkebunan rakyat, peternakan rakyat, perikanan, UMKM dan usaha-usaha lainnya yang memiliki produk pasar yang besar atau produk-produk unggulan yang ada di dalam Negeri ini," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki, mengatakan terdapat 7 persen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal yang terhubung dengan rantai pasok industri di dalam Negeri.

Kendalanya untuk dalam negeri masih rendahnya para pelaku UMKM yang terhubung dengan rantai pasok industri di Indonesia.

Di antaranya penyaluran KUR yang kurang masif, sehingga membuat pelaku usaha sulit mengembangkan usaha.

BACA JUGA:Gubernur Sumatera Selatan Buka Offroad Bekicak di Lahat, Sekaligus Tinjau Akses Penghubung 2 Kecamatan

BACA JUGA:Gubernur Sumatera Selatan Apresiasi Muhammadiyah Aktif Cerdaskan Bangsa dan Berikan Layanan Kesehatan

"UMKM yang sudah terhubung dengan rantai pasok industri ini di Indonesia baru 7 persen. Terhubung dengan global value chain baru 4 persen. Sehingga KUR klaster ini menjadi sangat relevan untuk meningkatkan kemitraan usaha besar dan kecil," kata Teten.

Teten menilai sektor UMKM yang terdapat di Indonesia mempunyai potensi yang besar dalam menciptakan lapangan kerja yang luas.

"Sektor UMKM adalah salah satu sektor yang memiliki potensi besar dalam menyediakan lapangan kerja di Indonesia," ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap dukungan pembiayaan KUR yang disalurkan kepada lembaga dan pengelola dana bisa membuat UMKM bisa berkembang dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

BACA JUGA:Safari Jumat Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Masjid Jami Babussalam Gelumbang Disambut Antusias

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: