4 Jenis Laporan Stok Barang yang Wajib Dikuasai serta Cara Mudah Mengelolanya

4 Jenis Laporan Stok Barang yang Wajib Dikuasai serta Cara Mudah Mengelolanya

Program stok barang. Foto : ILUSTRASI/DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.IDUntuk dapat mengembangkan sebuah bisnis, salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan adalah manajemen inventaris. Kamu harus mampu mengatur stok barang di perusahaan kamu seakurat dan seoptimal mungkin. Salah satu cara yang memungkinnya adalah dengan membuat dan memahami laporan stok barang yang benar dan menggunakan program stok barang.

Terlepas dari apapun jenis usaha kamu, laporan stok barang yang relevan, terkini, dan cermat akan membantu kamu untuk mengidentifikasi tren, kelemahan dan kekurangan, dan juga mengurangi ketidakefisienan yang menghambat proses produksi.

Dengan data-data yang ada di laporan stok barang, kamu bisa mulai menyusun strategi-strategi untuk meningkatkan profit tanpa menghabiskan banyak waktu dan sumber daya yang berlebihan.

Berikut adalah jenis-jenis laporan stok barang yang perlu kamu ketahui.

1. Laporan Stock on Hand

Stock on Hand dapat diartikan sebagai laporan barang yang tersedia di gudang. Dengan mengetahui jumlah inventaris yang tersedia, keputusan pembelian akan lebih mudah diambil dan staff penjualan juga akan tahu barang apa saja yang tersedia untuk dijual.

Laporan stock on hand tidak hanya berupa pendataan berapa banyak barang yang ada di gudang. Laporan ini harus membandingkan jumlah barang yang tersedia dengan jumlah barang yang telah terpakai.

Dengan demikian kamu bisa melihat berapa banyak barang cadangan yang tersedia untuk jangka waktu tertentu. kamu juga dapat melihat berapa banyak barang yang sedang dipesan dan memudahkan kamu untuk membuat keputusan perihal stock control di masa yang akan datang.

2. Laporan Perubahan Stok Barang

Mengetahui stok barang yang dimiliki itu penting, tapi tidak cukup. kamu harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi aliran barang di gudang demi stock control yang lebih baik.

Laporan ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Apapun itu, kegunaan laporan ini adalah untuk memudahkan memantau keluar masuknya barang dan melihat penyebab dari fluktuasinya.

3. Laporan Rasio Perputaran Stok Barang

Laporan yang dapat dibuat secara sederhana dan cepat ini merupakan laporan yang menggambarkan seberapa efisien barang-barang di perusahaan kamu bergerak melalui rantai pasokan.

Maksudnya adalah, laporan stok barang ini melihat seberapa cepat kamu memasok barang dalam waktu tertentu.

Laporan ini dapat ditujukan untuk barang yang untuk melihat mana barang yang memiliki performa bagus dan yang tidak bagus. Gunanya untuk menelusuri kinerja inventaris perusahaan secara keseluruhan.

4. Laporan Fill Rate

Salah satu tujuan utama stock control adalah untuk menghindari kekosongan stok demi mengutamakan kepuasan pelanggan.

Fill rate item adalah persentase pesanan pelanggan yang dapat dipenuhi dalam jangka waktu tertentu. Dalam proses pemenuhannya, seringkali perusahaan-perusahaan mengalami kehabisan stok barang. Tapi, dengan adanya laporan fill rate, kejadian semacam ini akan dicegah.

Laporan stok barang jenis ini akan memberikan data rata-rata fill rate item dalam waktu tertentu atau menunjukkan distribusi barang ke pesanan pelanggan yang lebih jelas. Laporan semacam ini akan memudahkan kamu dalam mengidentifikasi jenis-jenis pesanan yang kompleks dan kebutuhan inventarisnya.

Persiapan Sebelum Melakukan Stok barang

Sebelum menjalankan stok barang, sebaiknya perusahaan melakukan persiapan agar proses stock taking berjalan lancar. Berikut lengkapnya:

  • Lakukan di luar hari kerja: untuk mengurangi kemungkinan terjadinya selisih perhitungan barang, sebaiknya karyawan melakukan stok barang pada hari libur. Dengan berhentinya lalu lintas barang dari dan ke gudang, menghitung jumlah barang akan jadi lebih mudah.
  • Jangan lakukan sendirian: jika perusahaan kamu memiliki lebih dari satu gudang di tempat yang berbeda, jangan lakukan kegiatan ini sendirian. Cari orang yang bisa membantu anda agar pekerjaan ini semakin mudah dan cepat selesai.
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan: Pengecekan inventory pastinya membutuhkan dokumen. Oleh karena itu, pastikan dokumen terkait sudah tersedia sebelum melakukan pekerjaan kamu.

Hal-Hal yang Menjadi Perhatian dalam Stok Opname

Setelah melengkapi hal-hal yang di atas, selanjutnya adalah pelaksanaan. Ada sejumlah hal yang harus kamu perhatikan pada saat pelaksanaan dan sesudahnya. Beberapa di antaranya adalah:

Lakukan dengan teliti dan seksama: stock taking membutuhkan sumber daya manusia dengan ketelitian level tinggi. Tanpanya, salah hitung data salah input barang akan sering terjadi dan hal ini sudah pasti akan merugikan kamu.

Buat laporannya: laporan adalah hal penting yang tak boleh terlewat setelah menyelesaikan pengecekan inventaris. Melalui laporan lah pihak direksi bisa mengetahui apa yang terjadi dengan persediaan barang di gudang beberapa bulan ke belakang.

Selain melakukan langkah-langkah di atas, perusahaan dapat melakukan pemetaan produk dengan memberikan tag atau sticker pada setiap stock barang yang dimiliki. Selain itu, melakukan double check (perhitungan dua kali) juga dapat memastikan bahwa perhitungan barang sudah benar serta untuk memeriksa kekeliruan yang mungkin terjadi.

Mengelola inventaris dan melaporkannya dengan benar merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk keberlangsungan bisnis kamu. Dengan stock control kamu dapat mengetahui dan memprediksi kebutuhan produksi.

Tetapi, membuat laporan stok barang secara manual menggunakan spreadsheet tentu sangat tidak efektif. Pendataan dan perhitungan yang salah juga mungkin terjadi, terlebih jika barang yang harus dilaporkan berjumlah banyak.

Laporan dalam format kertas juga bisa hilang di kemudian hari sehingga kebutuhan perusahaan selanjutnya yang membutuhkan laporan yang hilang tersebut menjadi terhambat.

Untuk menghindari masalah semacam ini, kamu bisa mengotomatiskan pembuatan laporan stok barang secara manual. Dengan program stok barang, kamu dapat membuat segala jenis laporan stok barang yang kamu butuhkan dengan sangat cepat dan tepat. kamu bisa melakukan input data secara otomatis dan menyesuaikan kebutuhan laporan kamu dengan data-data yang ada.

Rekomendasi Program Stok Barang Terbaik

Di zaman yang semakin modern dan canggih ini, tentu saja dapat memudahkan kamu dalam mengelola suatu usaha misalnya program stok barang. Jika kamu seorang pebisnis yang mempunyai omset yang tinggi, pasti sudah banyak barang yang dijual oleh kamu. Seperti yang kita ketahui, stok barang perlu dikelola dengan baik. Hal ini perlu dilakukan guna meminimalisir kerugian yang terjadi bagi bisnis kamu. Salah satu cara mengurus stok barang adalah dengan menggunakan program stok barang.

Dengan banyaknya barang yang sudah kamu jual tentu kamu memerlukan program stok barang yang membantu dalam persediaan barang yang dapat mendata semua produk kamu.

Banyak program stok barang yang tersedia mulai dari android maupun website, tetap memiliki tujuan untuk membantu dan memudahkan kamu dalam mengelola stok barang.

Berikut program stok barang yang bisa kamu gunakan dalam menjalankan usaha:

1. Mekari Jurnal

Program stok barang yang pertama berbasis web adalah Mekari Jurnal. Sebagai platform omnichannel yang mengintegrasikan pengadaan barang sampai sinkronisasi dan pengaturan stok. Tidak hanya itu, program stok barang ini juga dapat menyambungkannya ke berbagai marketplace.

Selain itu, Mekari Jurnal menyediakan banyak fitur lainnya yang memudahkan kamu dalam berjualan, salah satu fitur utama dari Mekari Jurnal ini adalah persediaan stok barang secara otomatis

Di mana di situ kamu bisa mengecek serta mengelola stok barang kamu dan juga mengetahui jumlah stok setiap saat sehingga kamu bisa memperkirakan untuk menambah stok barang kalau produk kamu sudah hampir habis karena perubahan stok bisa dimonitor hanya dalam satu sistem.

Fitur lainnya yang dapat pakai adalah fitur “Cross Listing” sehingga bisa menghemat waktu kamu, dan adanya fitur barcode serta serial number kamu bisa input data lebih cepat. Eittss.. kamu bisa coba Program stok barang Mekari Jurnal sekarang, GRATIS!

2. Stok and Inventory Simple

Program stok barang ini memiliki fitur yang dapat membantu kamu dalam mengatur stok barang secara efektif dan efisien. Karena penginputan data barang mudah dan kamu bisa mengimpor data ke excel. Kamu juga dapat menambahkan gambar dan mendeskripsikannya barang tersebut.

Kalau kamu tidak ingin kesulitan mencari suatu item, fitur lainnya dapat membantu kamu mengatur barang ke dalam sebuah folder sehingga bisa tersusun dengan rapi.

3. Inventory Management

Program stok barang di android ini gratis kamu gunakan apalagi bagi pengusaha pemula. Memiliki fitur yang cukup banyak dan cara penggunaannya yang cukup mudah dan gampang dipahami.

Karena aplikasi ini memiliki fitur yang banyak, ada salah satu fitur utamanya yaitu fitur mencatat persediaan barang yang akan dijual dan dibeli sesuai dengan kebutuhan usaha kamu.

Selain fitur tersebut, program stok barang ini membantu kamu dalam  kelola item produk pada bisnis kamu yang berfungsi untuk menambah dan menghapus stok barang penjualan.

4. Inventory Keeper

Program stok barang berikutnya adalah Keeper yang sama halnya dengan yang lain, aplikasi ini memudahkan kamu untuk menjaga data persediaan stok barang.

Bahkan dengan fitur dari aplikasi ini, dapat menunjukkan informasi produk yang memiliki nilai penjualan yang paling tinggi.

5. Smart Inventory System

Aplikasi smart inventory system ini mempunyai tampilan yang simple memiliki banyak fitur dan salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah sistem barcode pada masing-masing produk.

Kamu juga bisa mencetak tag harga yang dijadikan barcode. Fitur lainnya yang bisa membantu kamu adalah mengubah jumlah item barang dan memeriksa ketersediaan stok barang.

6. Program Stok Barang Easy Catalogue

Biasanya aplikasi dapat dijalankan dengan adanya koneksi internet tapi salah satu kelebihan aplikasi Easy Catalogue ini, kamu bisa mengaksesnya tanpa koneksi internet. Walaupun sebenarnya, fungsi dari aplikasi ini sama dengan yang lainnya yaitu untuk mengatur ketersediaan barang dari pembelian dan penjualan. Kamu juga dapat menambahkan deskripsi dari produk yang sebelumnya sudah kamu daftarkan.

7. Vladovsoft Sklad

Program stok barang ini berasal dari bulgaria cocok banget buat kamu yang memiliki produk dengan jumlah yang banyak.

Fitur yang disediakan mulai dari mencatat rincian barang dari jumlah sampai lokasi barang dan kamu juga akan mendapatkannya dengan rapi menggunakan tabel. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencatat penjualan yang masuk dan keluar.

8. Household Register

Program stok barang Household register ini memiliki keunggulan untuk mendapatkan fitur kategori sehingga kamu bisa mengkategorikan setiap barang dan menggabungkan barang sesuai dengan jenisnya.

Selain itu, kamu bisa menandai setiap produk kamu jadi kamu tidak perlu ribet-ribet untuk mencari barang. Selain itu keunggulan lainnya adalah kamu bisa menandai lokasi penyimpanan barang. Maka dari itu, aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk mengatur persediaan barang kamu.

9. Fishbowl Inventory

Selanjutnya aplikasi untuk stok barang lainnya adalah fishbowl inventory. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan sebagai manajemen data dari stok barang tapi bisa dipakai untuk mencatat dan mendata pemasarannya.

Sama seperti yang lain, fitur yang tersedia mulai dari mendata barang, mencatat barang masuk dan keluar. Aplikasi ini sangat berguna terlebih bagi kamu yang memiliki usaha makanan karena kamu bisa mengetahui data dari setiap makanan yang kamu jual dan makanan mana yang paling laku. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: