Wujudkan Koperasi Berdaya Saing dan Profesional, Ini yang Dilakukan Pemkab Muara Enim

Wujudkan Koperasi Berdaya Saing dan Profesional, Ini yang Dilakukan Pemkab Muara Enim

Pemkab Muara Enim melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah menyelenggarakan pelatihan Akuntabilitas Keuangan Koperasi Berbasis TI tahun anggaran 2022. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Guna mendorong koperasi sebagai motor penggerak perekonomian yang profesional, tangguh, dan mampu berinovasi dalam mengembangkan usaha melalui Teknologi Informasi (TI).

Pemkab Muara Enim melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah menyelenggarakan pelatihan Akuntabilitas Keuangan Koperasi Berbasis TI tahun anggaran 2022 yang dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum, Maryana selaku perwakilan Bupati Muara Enim di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Kamis (23/6/2022).

Di hadapan 60 peserta yang merupakan perwakilan dari 37 koperasi se-Kabupaten Muara Enim, Asisten III mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat memahami inti sari dari pelatihan ini, karena jika sudah paham apa yang dimaksud dengan Akuntabilitas Keuangan Koperasi Berbasis TI, maka koperasi tersebut bisa bertahan, bahkan bisa bersaing di era globalisasi perekonomian dunia saat ini.

Selain itu, penerapan akuntabilitas keuangan koperasi tentunya akan mempengaruhi kinerja yang baik dan akuntabel.

Dengan penggunaan TI, penerapan tersebut dapat menghasilkan akuntabilitas keuangan koperasi yang efektif, serta efisien dalam setiap penyelenggaraan kegiatan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan akan tumbuh koperasi-koperasi yang sehat dan dapat dibanggakan serta meningkatkan daya saing daerah dalam rangka mewujudkan Muara Enim untuk Rakyat, yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera,” ungkap Asisten III.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Muara Enim, Husin Aswadi menerangkan, pelatihan ini berlangsung selama 3 hari, 23-25 Juni 2022 dengan menghadirkan narasumber langsung dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop) Bandung.

“Harapannya pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para pengurus koperasi untuk mengelola koperasi dengan baik yang berbasis TI, dalam menumbuhkembangkan koperasi yang sehat dan mampu mensejahterakan anggotanya,” ucap Husin Aswadi. (ozi/mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: