Warga Desa Gunung Megang Dalam Keluhkan Debu Tambang Batu Bara PT TBBE dan PT RMKO

Warga Desa Gunung Megang Dalam Keluhkan Debu Tambang Batu Bara PT TBBE dan PT RMKO

Warga mengeluhkan debu angkutan batu bara dan gangguan suara akibat aktivitas penambangan yang dilakukan oleh PT TBBE dan PT RMKO di Desa Gunung Megang Dalam, Kabupaten Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Warga mengeluhkan debu angkutan batu bara dan gangguan suara akibat aktivitas penambangan yang dilakukan oleh PT TBBE dan PT RMKO di Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Keluhan tersebut diutarakan warga RT 03 Dusun VII Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

"Keluhan tersebut sehubungan dengan adanya kegiatan penambangan yang dilakukan oleh PT TBBE/PT RMKO, akibat aktivitas pertambangan itu warga mengeluhkan adanya limbah disposal dan polusi debu," kata Nopri kepada awak media, Senin 23 September 2024.

Terlebih, malam hari ada gangguan kebisingan atas aktivitas penambangan yang kerap mengoperasikan alat berat sehingga menimbulkan adanya polusi udara, disposal, dan gangguan kebisingan.

BACA JUGA:Pencemaran Disposal PT TBBE, Pemkab Muara Enim Minta Inspektur Tambang Turun Tangan

BACA JUGA:Pencemaran Disposal oleh PT TBBE Dilaporkan Ke Pemerintah Pusat, Pemprov Sumsel dan Pemkab Muara Enim

Dampak yang sangat terasa adalah terkait kebersihan dan kesehatan masyarakat karena debu yang berterbangan mengakibatkan aktivitas keseharian warga menjadi terganggu.

"Jadi kami meminta perlindungan kepada Pemerintah dan instansi terkait dengan mengirimkan surat atas nama warga RT 03 Dusun VII Desa Gunung Megang," ujarnya.

Permintaan warga, agar pihak Perusahaan menghentikan pembangunan penampungan disposal tersebut, pihaknya mengaku di hari yang sama juga berkirim surat ke pihak Perusahaan.

"Kami sudah kirim surat ke DPRD Muara Enim dan Pemkab Muara Enim, sebelumnya komunikasi dengan Perusahaan baru sebatas komunikasi melalui telepon, dan pihak Perusahaan ingin bernegoisasi, hanya saja kami masyarakat masih enggan dan ingin mengadu ke Dewan dan Pemkab Muara Enim," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Minta Pihak Kecamatan Fasilitasi Persoalan Warga dengan PT TBBE Terkait Limbah Disposal

BACA JUGA:Tertimbun Disposal PT RMKO, Ratusan Batang Sawit Warga Gunung Megang Muara Enim Terancam Mati

Dampak ini sudah sejak 5 bulan lalu, hanya saja yang terparah menurutnya selama 2 bulan terakhir, karena ketinggian disposal tersebut sudah mencapai kira-kira 12 meter.

Warga RT 03 enggan untuk membiarkan pintu dan jendela terbuka, karena debu-debu berterbangan dan memasuki rumah warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: