20 Hektare Hutan di Sungai Rotan Muara Enim Terbakar

20 Hektare Hutan di Sungai Rotan Muara Enim Terbakar

Pj Bupati Muara Enim H. Henky Putrawan bersama instnasi terkait melakukan peninjuan lokasi Karhutla seluas 20 hektare di Desa Sukamaju, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Sumsel. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Seluas 20 hektare hutan di Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, Sumsel, terbakar.

Untuk segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lokasi tersebut, Pj Bupati Muara Enim H. Henky Putrawan meminta BPBD Provinsi Sumsel dapat mengintensifkan bantuan helikopter water bombing.

"Karena sudah cukup luas dan antisipasi menyebar ke pemukiman, kita minta bantu BPBD Provinsi Sumse mengintensifkan helikopter water bombing, selain melalui pemadaman lewat jalur darat," kata Henky didampingi Forkopimda ketika meninjau ke lokasi Karhutla di Desa Sukamaju, Kecamatan Sungai Rotan.

Henky mengatakan, Karhutla di Desa Sukamaju, Kecamatan Sungai Rotan tersebut harus segera diatasi.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Ajak Stakeholder Sinergi Lakukan Penanggulangan Karhutla

BACA JUGA:Karhutla di Muara Enim Sudah Mencapai 33 Hektare

Mengingat lokasi lahan terbakar meluas dan mendekati pemukiman warga, sehingga diperlukan penanganan intensif melalui bantuan helikopter water bombing dari BPBD Provinsi Sumsel.

Meski demikian, dirinya mengapresiasi kerja keras dari BPBD Kabupaten Muara Enim dan dibantu Manggala Agni Kabupaten Muara Enim.

Beserta personel TNI-Polri yang telah berhasil memadamkan Karhutla dengan total lahan yang sudah terbakar seluas 20 hektare dengan upaya pemadaman, baik melalui darat ataupun udara.

Henky juga menjelaskan bahwa Pemkab Muara Enim sebelumnya telah mengaktifkan 5 posko penanganan Karhutla.

BACA JUGA:Atasi Karhutla di Kecamatan Sungai Rotan, Pj Bupati Muara Enim Minta Intensifkan Water Bombing

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Minta Camat Optimalkan Pelayanan dan Mewaspadai Karhutla

Posko ini dibangun sebagai bentuk kesiapsiagaan dan antisipasi dini bencana Karhutla di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Adapun masing-masing posko terdiri sejumlah personel dari BPBD ditambah TNI-Polri serta peralatan untuk menunjang upaya pemadaman sedini mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: