Jelang Pilkada, Bhabinkamtibmas Polsek Lawang Kidul Lakukan Cooling System, Ini Tujuannya

Jelang Pilkada, Bhabinkamtibmas Polsek Lawang Kidul Lakukan Cooling System, Ini Tujuannya

Bhabinkamtibmas Polsek Lawang Kidul melaksanakan Cooling System di wilayahnya menjelang Pilkada 2024. Foto : Humas Polres Muara Enim--

Selain itu, Aiptu Atena juga mengingatkan masyarakat tentang larangan mengadakan kegiatan musik remix atau DJ yang berpotensi mengganggu ketertiban umum, terutama pada malam hari.

Kegiatan semacam itu, dapat memicu konflik dan gangguan keamanan jika tidak diatur dengan baik.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Gelar Tactical Floor Game untuk Persiapan Pilkada 2024

BACA JUGA:Jaga Keamanan Pilkada 2024, Polres Muara Enim Pantau Isu di Media Sosial dan Online

Ia meminta masyarakat untuk selalu mempertimbangkan dampak dari kegiatan yang diadakan terhadap lingkungan sekitar.

Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasi Humas AKP RTM Situmorang, menerangkan bahwa tujuan utama dari kegiatan Cooling System adalah untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada Serentak.

Menurutnya, Cooling System bertujuan untuk mencegah potensi konflik dan gangguan keamanan yang dapat timbul selama proses demokrasi berlangsung.

AKP RTM Situmorang menjelaskan lagi, bahwa Cooling System dilakukan dengan cara mendekati dan berdialog langsung dengan tokoh-tokoh masyarakat, dan berbagai elemen lainnya di masyarakat.

BACA JUGA:Jumat Curhat Polres Muara Enim, Polisi Ajak Warga Jaga Kondusifitas

BACA JUGA:Polres Muara Enim, Polsek dan TNI Terus Gencar Sosialisasikan Bahaya Karhutla

"Pendekatan ini penting untuk memastikan bahwa semua pihak memahami pentingnya menjaga kedamaian dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah masyarakat," ujar AKP RTM Situmorang.

Lalu ia menambahkan, bahwa kegiatan ini tidak hanya sebatas sosialisasi, tetapi juga mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing.

"Kami ingin masyarakat merasa memiliki tanggung jawab yang sama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, terutama dalam situasi menjelang Pilkada ini," jelasnya.

Cooling System juga diharapkan dapat meminimalisir penyebaran informasi yang tidak benar atau hoaks yang dapat menyebabkan keresahan di masyarakat.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Serap Aspirasi Warga Kelurahan Pasar 2 Muara Enim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: