Karma Sang Pembuli

Karma Sang Pembuli

Audia Melisca. Foto : Dok Pribadi For enimekspres.co.id--

BACA JUGA:Pengaruh Apresiasi dalam Mengembangkan Sikap Percaya Diri Anak

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan bullying di sekolah.

Pertama, walikelas membuat data peta kerawanan siswa yang berpotensi melakukan tindakan bullying.

Walikelas adalah orang tua yang memahami kondisi siswanya.

Walikelas menyiapkan data pribadi siswa.

BACA JUGA:Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Setiap siswa diajak berbicara empat mata dari hati ke hati untuk mengenal siswa lebih dekat, berdiskusi mengelola emosi siswa yang belum terkendali, belum stabil masih menjadi bocil alias bocah labil yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pihak sekolah.

Penanaman akhlak moral budi pekerti yang baik perlu ditekankan kepada seluruh siswa dalam setiap kesempatan.

Kedua, membentuk tim siswa anti bullying di setiap kelas yang bertugas mencatat pelaku bullying dan segera melaporkan ke walikelas atau guru BP untuk selanjutnya diberikan pembinaan karakter.

Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk manusia yang memiliki sikap, perilaku, dan pola pikir yang baik serta berintegritas tinggi.

BACA JUGA:Pengenalan Aspek Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian

Dengan pendidikan karakter yang baik, individu akan mampu bertindak dengan bijaksana, bertanggung jawab, jujur, disiplin, dan memiliki empati terhadap sesama sehingga tindakan Bullyng pun dapat dihindari.

Langkah ketiga, pihak sekolah juga harus menciptakan lingkungan yang aman bagi semua siswa dengan membuat gerakan anti bullying, seperti memasang poster anti bullying di setiap kelas dan di beberapa titik penting di lingkungan sekolah.

Bahkan saat ini di sekolahku telah melakukan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat.

Diantaranya menandatangani poster sebagai bentuk dukungan kebijakan anti bullying oleh seluruh warga sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: