Dinas Koperasi UKM Muara Enim Gelar Pasar Murah dan Talkshow

Dinas Koperasi UKM Muara Enim Gelar Pasar Murah dan Talkshow

Peringatan Hari Koperasi ke-77 tahun 2024 diselenggarakan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Muara Enim yang diisi dengan Pasar Murah dan Talkshow. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

BACA JUGA:Wujudkan Koperasi Berdaya Saing dan Profesional, Ini yang Dilakukan Pemkab Muara Enim

"Tinggal bagaimana kemauan kita masyarakat untuk menggerakkan dan membangun koperasi ini secara bersama-sama," ungkapnya.

"Kunci berkoperasi adalah jujur dan terbuka. Jika ini dilaksanakan dengan ikhlas dan bertanggungjawab mudah-mudahan Koperasi akan maju," pesannya.

Pj Bupati Muara Enim diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. Ahmad Yani Heryanto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus dan pengelola koperasi, yang secara konsisten telah menjadikan koperasi sebagai penggerak roda perekonomian usaha mikro yang tengah bersaing di pasar global yang serba digital saat ini.

Pada tahap ini, koperasi telah membantu memberikan kepastian kepada pelaku UMKM untuk tumbuh di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini.

BACA JUGA:Pengurus Koperasi di Kabupaten Muara Enim Ikuti Sosialisasi UU Cipta Kerja

Koperasi berperan sebagai ekosistem pendukung ekonomi Usaha Mikro dan Kecil, koperasi harus terlebih dahulu hadir sebagai pemberdaya anggota.

Sehingga koperasi tidak boleh sekadar memenuhi ambisi sebagian pengurusnya saja dengan mengabaikan kepentingan anggotanya, sesuai dengan tagline hari koperasi tahun 2024 "Koperasi Pemberdaya".

Yani menekankan kepada Dinas Koperasi UKM Muara Enim untuk terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada Koperasi dan UMKM yang ada di Bumi Serasan Sekundang.

Dengan catatan, mendidik bukan mengajari, tapi mengayomi dan mengarahkan serta memfasilitasi untuk pendampingan secara nyata sesuai dengan apa yang menjadi keperluan Koperasi dan UMKM.

BACA JUGA:20 Persen Koperasi di Muara Enim Terancam Bubar

Untuk itu, diminta Dinas Koperasi UKM untuk selalu mengawasi dan mengevaluasi, karena hal-hal yang diarahkan, dibantu atau difasilitasi dapat hilang begitu saja jika tidak dilakukan pengawasan dan evaluasi baik fungsi maupun pemanfaatannya.

"Tumbuhkan semangat dan minat berkoperasi kepada pemuda dan pelajar sebagai jaminan koperasi tetap relevan di tengah-tengah kemajuan ilmu dan teknologi yang makin berkembang, dengan melanjutkan program Koperasi dan UMKM Goes To School yang ditindaklanjuti Gerakan Satu Sekolah Satu Koperasi di Kabupaten Muara Enim," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: