Tingkatkan Kompetensi, Pemkab Muara Enim Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Barista

Tingkatkan Kompetensi, Pemkab Muara Enim Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Barista

Pemkab Muara Enim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan serta ESDM Muara Enim mengelar pelatihan dan sertifikasi barista. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemkab Muara Enim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan serta ESDM Muara Enim mengelar pelatihan dan sertifikasi barista.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aryaduta Palembang ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim Yulius, pada Kamis 4 Juli 2024.

Adapun pelatihan dan sertifikasi dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Barista Jana Dharma Indonesia.

Tujuannya, tak lain untuk meningkatkan kompetensi barista dalam rangka membangun ekonomi lokal berbasis komoditas kopi di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Kopi Semende Cap Bukit Asam, dari Produksi 10 Kg ke 200 Kg hingga Menasional hanya Dalam 3 Tahun

Dalam arahannya, Sekda Yulius menyampaikan bahwa Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Provinsi Sumsel memiliki potensi yang sangat tinggi untuk terus dikembangkan.

Dengan demikian, maka akan berdampak positif secara sosial maupun ekonomi.

"Untuk itulah Pemkab Muara Enim terus berupaya meningkatan potensi kopi, baik dari segi ekonomi finansial ataupun menumbuhkan kreatifitas dan inovasi agar dapat membuka peluang usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Muara Enim," kata Yulius.

Kemudian, Yulius menambahkan, pelatihan dan sertifikasi barista yang diselenggarakan juga menjadi upaya dalam peningkatan produk serta daya saing kopi asal Kabupaten Muara Enim atau disebut kopi Semende.

BACA JUGA:Tarian hingga Kopi Semende Sukses Pikat Pengunjung TMII

Terlebih kopi Semende sendiri telah mengantongi sertifikat indikasi geografi dari Kemenkumham RI.

"Melalui kegiatan ini diharapkan merangsang inovasi baru bagi para penggiat kopi serta menciptakan para barista yang handal dan profesional di Kabupaten Muara Enim," tukas Sekda Yulius. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: