Pj Gubernur Sumsel Hadiri Peresmian Operasional Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik

Pj Gubernur Sumsel Hadiri Peresmian Operasional Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi menghadiri peresmian operasional Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik, Jawa Timur. Foto : DOK--

BACA JUGA:Pj Gubernur Gencarkan Promosi Kopi Sumsel Agar Lebih Terkenal dan Mendunia

“Dengan beroperasinya smelter ini, seluruh konsentrat tembaga yang diproduksi oleh PTFI dapat semuanya diproses dan dimurnikan di dalam negeri, demikian juga lumpur anoda dari PT Smelting,” paparnya.

Kehadiran PTFI di KEK Gresik diharapkan dapat menjadi salah daya tarik dalam membentuk kawasan dengan ekosistem yang mendukung hilirisasi, khususnya EV.

“Hingga Maret 2024, KEK Gresik telah mencatatkan nilai investasi sebesar Rp75,2 triliun dan menyerap lebih dari 35.000 orang tenaga kerja,” paparnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas mengatakan, smelter di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), merupakan smelter tembaga single line terbesar di dunia, dengan kapasitas produksi hingga 1,7 juta ton konsentrat tembaga dengan nilai investasi  mencapai Rp 58 triliun atau US$ 3,7 miliar.

BACA JUGA:Pj Gubernur Dukung Ombudsman Awasi Layanan Publik di Sumsel

“Smelter akan memproduksi katoda tembaga diperkirakan mulai sekitar Agustus 2024 atau 6-10 minggu pasca pengoperasian,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: