Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing, Dinkop UKM Muara Enim Gelar Pelatihan Usaha Mikro

Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing, Dinkop UKM Muara Enim Gelar Pelatihan Usaha Mikro

Pelatihan Kewirausahaan untuk Pelaku Usaha Mikro yang digelar Dinkop UKM Muara Enim di The Melio Hotel Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Muara Enim menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro.

Pelatihan Kewirausahaan ini dilaksanakan selama 3 hari, 25 - 27 Juni 2024 di The Melio Hotel Muara Enim.

Peserta kegiatan sebanyak 100 pelaku usaha mikro yang terdiri dari binaan PT Bukit Asam, PT Tanjungenim Lestari, PT Pamapersada Nusantara, TP PKK Muara Enim, IWAPI, Hipmikindo.

Kemudian APJI, PPUMI, Rumor UMKM Dinas Koperasi, UKM dan serta 22 Kecamatan yang melakukan pembinaan/pembinaan bagi UMKM.

BACA JUGA:Tingkatkan Usaha Koperasi di Muara Enim, Dinkop UKM Gelar Sosialisasi Dukungan Informasi Penyedian Permodalan

Adapun narasumbernya yaitu Cipto Riyanto dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, dengan materi "Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan dan Penataan Laporan Keuangan Bagi Pelaku Usaha".

Lalu, Hermansya Qodho selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel, dengan materi "Pengembangan Kewirausahaan Melalui Kemitraan".

Serta Lisa Hermawati selaku Direktur dari Klinik UMKM Bersama Sumatera Selatan, dengan materi "Akselerasi Digitalisasi, Urgensi Legalitas dan Payung Hukum bagi Pelaku Usaha Motivasi dan Pengelolaan Bisnis dan Administrasi Sederhana UMKM".

Kepala Dinkop UKM Muara Enim, H. Husin Aswadi menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kapasitas pelaku usaha dalam mengelola usaha secara profesional.

BACA JUGA:Menkop UKM Ajak Pemkab Muara Enim Dorong UMKM

Sehingga bisa berkembang serta meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku UMK, yang pada akhirnya dapat membentuk wirausaha yang kreatif dan handal.

Sementara itu, Bupati Muara Enim diwakili Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. Ahmad Yani Heryanto, yang membuka pelatihan mengatakan, dengan keterbatasan kemampuan yang dimiliki pelaku usaha mikro saat ini, tentunya tidak mudah untuk mengimplementasikan yang dipelajari dari teori ke praktik di lapangan.

"Namun apabila kita bersungguh-sungguh dan yakin, tentunya hal yang menjadi tujuan kita dapat tercapai," kata Yani.

Yani berharap melalui pelatihan ini dapat menumbuhkan wirausaha yang handal serta menciptakan lapangan pekerjaaan, sehingga pemerataan pendapatan masyarakat bisa terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: