OJK-Pemprov Sumsel Gelar Harvesting Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia

OJK-Pemprov Sumsel Gelar Harvesting Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia

Harvesting kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) di Provinsi Sumsel. Foto : DOK--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - OJK bersama Pemprov Sumsel bersinergi menggelar Harvesting kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) di Provinsi Sumsel.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni diwakili oleh Sekda Sumsel, SA Supriono di halaman kantor DPRD Provinsi Sumsel.

Gerakan BBI dan BBWI merupakan suatu wadah dalam meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Juga untuk memperkenalkan sektor pariwisata di Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi Padi, Pemprov Sumsel Segera Optimalisasi Lahan Rawa Seluas 98.400 Hektare

Dalam kegiatan ini, Pemprov Sumsel melalui Dinas Koperasi dan UKM membuka pendaftaran Sertifikat Halal gratis bagi 1.000 UMKM.

“Tujuannya untuk memperkuat ekonomi syariah di Sumatera Selatan (Sumsel),” kata Supriono.

Selain layanan sertifikasi halal, juga disediakan fasilitasi UMKM.

Seperti NIB, layanan pajak, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Standar Nasional Indonesia (SNI), Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

BACA JUGA:Buka Sriwijaya Expo 2024, Pj Gubernur Sumsel Komitmen Kembalikan Kejayaan Bumi Sriwijaya

Kemudian, Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) serta Akses Pembiayaan dan Asuransi Mikro oleh LJK.

“Pemprov Sumsel juga bersinergi dengan OJK untuk melakukan Pelatihan dan Pendampingan UMKM, yang dilaksanakan secara hybrid di 17 Kabupaten/Kota," ulasnya.

"Kemudian product matching yang memfasilitasi pertemuan antara lembaga jasa keuangan dengan UMKM untuk produk pembiayaan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan UMKM," lanjut dia.

Diketahui, pada bulan Desember tahun 2023 terdapat 2.685.063 UMKM di Provinsi Sumsel dengan modal kerja dan investasi sebesar 12.050.221 dan omzet sebesar 34.019.900 serta menyerap tenaga kerja sebanyak 3.339.179.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: